Selasa, 31 Maret 2009

Perilaku masyarakat dalam pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue di Desa XX.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang dapat berakibat fatal berupa kegagalan sirkulasi darah hingga penderita jatuh dalam keadaan syok akibat kebocoran plasma apabila tidak ditangani secara benar. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat menangkal virus dengue penyebab DBD. Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pencegahan atau pengendalian dengan memerangi nyamuk yang berperan pada penularan virus dengue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat dalam pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue di Desa XX.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanyak 165 responden yang diambil dengan metode quota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, data ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan narasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku masyarakat dalam pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue di desa XX, melalui metode pengendalian lingkungan sebanyak 51,5% responden cukup baik, melalui metode pengendalian biologi sebanyak 58,2% responden cukup baik, melalui metode pengendalian kimiawi sebanyak 56,3% responden tidak baik, sedangkan melalui metode perlindungan pribadi sebanyak 56,4% responden cukup baik
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa perilaku masyarakat dalam pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue melalui metode pengendalian lingkungan, pengendalian biologi dan perlindungan pribadi adalah cukup baik, sedangkan melalui metode pengendalian kimiawi adalah tidak baik. Peneliti menyarankan agar petugas kesehatan selalu berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perilaku pencegahan DBD melalui leaflet-leaflet tentang DBD serta melibatkan kader kesehatan secara optimal untuk kegiatan penyuluhan.

Kode File : L014
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 10.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)