Pusat Kesehatan Masyarakat merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat, karena cukup efektif membantu masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama dengan standar pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang dikenal murah seharusnya menjadikan Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan utama bagi masyarakat, namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang lebih memilih pelayanan kesehatan pada dokter praktek swasta atau petugas kesehatan praktek. Kondisi ini didasari oleh persepsi awal yang negatif dari masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas, misalnya anggapan bahwa mutu pelayanan yang terkesan seadanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas XX.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanyak 61 responden yang diambil dengan metode accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis skor T (skala Likert) dengan alat ukur kuesioner yang diadopsi dari pengukuran tingkat kepuasan pelanggan oleh J. Supranto (1997).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden (68,9%) mempunyai persepsi yang kurang baik (Unfavorable) terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sumbermanjing Kulon, sebagian kecil sisanya (31,1%) mempunyai persepsi yang baik (Favorable).
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar masyarakat mempunyai persepsi kurang baik terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas XX. Peneliti menyarankan agar tenaga Puskesmas meningkatkan kemampuan diri dalam upaya meningkatkan dan memantapkan mutu pelayanan kesehatan dasar dan penunjangnya agar lebih efisisen dan efektif.
Kode File : L012
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2
Bentuk file : Ms.Word Document
Donasi : Rp. 40.000,-
sy ingin file L012
BalasHapusBAGAIMANA CARANYA???
mohon info jualnya lebih di perjelas.
BalasHapussaya minat nie...
sy minat dgn file ini
BalasHapustolong info lebih lanjut