Selasa, 31 Maret 2009

Persepsi Pasien Terhadap Mutu Asuhan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit XX

Kepuasan pelanggan adalah hal utama yang perlu diprioritaskan oleh rumah sakit agar dapat bertahan, bersaing dan mempertahankan pasar yang sudah ada. Oleh karena itu rumah sakit harus memberikan pelayanan yang berkualitas dan bernilai/bermutu tinggi bagi pelanggan mereka. Untuk mengetahui kualitas pelayanan tersebut perlu dievaluasi persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan yang mereka terima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien terhadap mutu asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang berlokasi di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kabupaten Malang pada tanggal 10 – 17 Juni 2005 dengan sampel sebanyak 102 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah menggunakan Instrumen Evaluasi Penerapan Standar Asuhan Keperawatan dari Depkes RI 1997 mengenai “Persepsi pasien terhadap Mutu Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit”. Sedangkan analisis data dilakukan dengan editing, coding tabulating, dan data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan narasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap mutu asuhan keperawatan dari aspek interpersonal, 48% responden mempunyai persepsi kurang baik, dari dimensi teknik perawatan, 59% responden mempunyai persepsi tidak baik, sedangkan dari dimensi organisasi sebanyak 53% responden mempunyai persepsi baik.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa responden mempunyai persepsi kurang/tidak baik terhadap mutu asuhan keperawatan dari dimensi interpersonal dan teknik perawatan, sedangkan dari dimensi organisasi responden mempunyai persepsi baik. Peneliti menyarankan agar pengelola rumah sakit mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan asuhan keperawatan misalnya dengan menambah sarana dan prasarana rumah sakit, meningkatkan kenyamanan lingkungan, mempertahankan kesinambungan perawatan pasien, serta mengadakan pelatihan dan penyelenggaraan pendidikan keperawatan berkelanjutan.

Kode File : K085
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 10.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)