Selasa, 31 Maret 2009

Peranserta Kader Kesehatan Dalam Kegiatan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) di Posyandu Desa XX

Munculnya status gizi buruk akhir-akhir ini, selain disebabkan oleh berkurangnya konsumsi pangan sebagai dampak melemahnya daya beli masyarakat dan mutu gizi yang dimakan keluarga dan masyarakat, ternyata masih ditemukan penyebab lain yang cukup mengagetkan. Masih banyak warga masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan tentang pentingnya pemeliharaan gizi sejak masa balita. Untuk mengatasi hal tersebut perlu kiranya memberikan pengetahuan kepada masyarakat tersebut melalui kegiatan kader di Posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranserta kader kesehatan dalam kegiatan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) di posyandu Desa XX
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanyak 10 responden yang diambil dengan metode total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, data ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan narasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta kader dalam penimbangan berat badan balita dan pencatatan hasil penimbangan di KMS adalah baik sebanyak 60%. Peranserta kader dalam memberikan penyuluhan berdasarkan hasil penimbangan pada ibu balita adalah baik dan cukup baik masing-masing sebanyak 40%. Peranserta kader dalam memberikan penyuluhan pedoman pemberian makanan pada balita dikategorikan cukup baik sebanyak 70%. Peranserta kader dalam melakukan kunjungan rumah untuk memantau perkembangan kesehatan balita dikategorikan cukup baik sebanyak 70% responden.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa Peranserta kader kesehatan dalam kegiatan posyandu di Posyandu Desa XXadalah baik. Kecuali peranserta kader dalam memberikan penyuluhan pedoman pemberian makanan pada balita dan dalam melakukan kunjungan rumah untuk memantau perkembangan kesehatan balita adalah cukup baik. Seyogyanya pimpinan Puskesmas mengadakan pelatihan kader kesehatan penyegaran dan pelatihan kader baru bagi yang belum pernah mendapat pelatihan kader.

Kode File : L013
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Donasi : Rp. 30.000,-

5 komentar:

  1. memang tingkat gizi di negara kita perlu ditingkat kan , good info, thanks ...:)

    BalasHapus
  2. tolong dong kirimi kti yang judulnya peran serta kader dalam kegiatan KIA,,,......
    pleaseee.....coz lg butuh.

    BalasHapus
  3. aslm,.,
    kepada kakak tercinta yang mengelola web ini,.,
    dengan penuh rasa hormat saya mohon refrensi tentang judul kti peran serta kader dalm kegiatan posyandu,,
    atas bantuannya terimakasih banyak.

    BalasHapus
  4. aslm
    kpada yang mengelola web ini krimin donk kti peran serta kader dalam kegiatan posyandu
    trmakasih

    BalasHapus
  5. udah pernah dipublikasikan kan kah

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)