Jumat, 27 Maret 2009

Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pada Pasien Yang Dirawat Di Unit Perawatan Kritis RSXX

Dalam peraktek keperawatan profesional perawat memegang tanggung jawab yang sangat besar terhadap klien dan keluarga. Penelitian menunjukkan bahwa keluarga mengalami kecemasan dan disorganisasi perasaan ketika anggota keluarganya MRS dalam critical care unit ini disebabkan mereka sering kesulitan bekerja sama dengan perawat. Hal demikian terjadi karena pelaksanaan komunikasi yang tidak efektif atau kurang baik antara perawat dengan pasien dan keluarganya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pada pasien yang dirawat di unit perawatan kritis.

Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional terhadap komunikasi perawat dan tingkat kecemasan keluarga dengan menggunakan rancangan cross sectional, analisa data menggunakan uji statistik spearmen’s rho dengan derajat kemaknaan < 0,05. Populasi penelitian adalah keluarga pasien yang di unit perawatan kritis Rumkital Dr. XX yang berjumlah 24 orang. Sampel yang didapatkan sesuai dengan kreteria inklusi adalah 20 responden. Variabel independennya adalah komunikasi perawat dan variabel dependennya adalah tingkat kecemasan keluarga. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kecemasan keluarga dengan nilai p = 0,027 pada derajat kemaknaan < 0,05.

Penelitian mendatang diharapkan ada penelitian yang lebih mendalam tentang pelaksanaan komunikasi perawat.

Kode File : K016
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 30.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)