Jumat, 27 Maret 2009

Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri mahasiswa yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan tercapai. Prestasi belajar adalah istilah yang menunjukkan suatu derajat keberhasilan seseorang dalam proses belajar untuk mencapai tujuan belajar. Prestasi belajar yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri (faktor internal) maupun dari luar diri (faktor eksternal) individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa
Desain Penelitian yang digunakan adalah corelational. Populasinya adalah seluruh mahasiswa yang terdiri dari 75 mahasiswa. Sebagai sampel ditetapkan seluruh mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah questionnaire digunakan untuk mengumpulkan data tingkat motivasi belajar dan dokumentasi evaluasi hasil belajar mahasiswa semester I, II dan III dipergunakan untuk mengumpulkan data tingkat Prestasi Belajar.
Cara mengolah data digunakan teknik statistik non parametrik uji korelasi Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan p = 0.05. Hasil penelitian didapatkan p = 0,000 berarti H1 diterima. Artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara tingkat motivasi belajar terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa, sehingga motivasi belajar perlu ditingkatkan untuk meningkatkan Prestasi Belajar dengan cara : optimalisasi penerapan prinsip belajar, optimalisasi unsur dinamis balajar dan pembelajaran, optimalisasi pemanfaatan pengalaman dan kemampuan mahasiswa, serta pengembangan cita-cita dan aspirasi belajar.

Kode File : Q006
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 25.000,-

1 komentar:

  1. halo pak...boleh kah saya dikirimin skripsi tentang hubungan motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa tersebut. dan bagaimana cara saya membayarnya?? thanks, mohon di balas secepatnya.

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)