Selasa, 31 Maret 2009

Persepsi Klien Terhadap Manfaat Penyuluhan Kesehatan Oleh Perawat Pada Pasien Di Rumah Sakit XX

Pendidikan kesehatan sejak dahulu dianggap sebagai komponen utama dalam repertoar pemberian perawatan standar oleh perawat. Peran perawat sebagai pendidik sudah mengakar di dalam warisan dan perkembangan profesi ini. Selama beberapa dekade pengajaran terhadap pasien diakui sebagai fungsi keperawatan yang independen. Namun dalam melaksanakan peran dan fungsi pendidikan / penyuluhan kesehatan, banyak halangan dan rintangan yang sering dialami dan ditemui perawat, baik masalah yang berhubungan dengan perawat itu sendiri atau masalah yang berhubungan dengan pasien.
Beberapa rintangan bagi pasien dalam mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan antara lain karena stres akibat penyakit akut dan kronis, ansietas, menurunnya panca indera, dan tingkat pendidikan yang rendah pada pasien merupakan beberapa alasan yang menurunkan motivasi peserta didik dan menghambat proses pembelajaran. Dapat juga karena karakter pribadi klien, dimana kesiapan untuk belajar, motivasi dan kepatuhan, dan gaya belajar merupakan beberapa faktor pokok yang mempengaruhi keberhasilan upaya pendidikan. Kadang kala terdapat penyangkalan terhadap kebutuhan pembelajaran atau pasien tidak mengetahui manfaat penyuluhan kesehatan, dan kebencian terhadap perawat, merupakan beberapa rintangan psikologis untuk mencapai perubahan perilaku
Banyak faktor dapat mempengaruhi keberhasilan penyuluhan kesehatan, diantaranya bersumber dari pasien sebagai peserta didik. Pasien diharapkan dapat mengekspresikan perasaan dan pengalamannya pada perawat sehingga perawat dapat lebih mengerti tentang keunikan pasien dan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan pasien secara individual. Satu hal penting agar klien dapat dengan tulus dan penuh kesadaran dalam bekerja sama dengan perawat, yaitu persepsi pasien tersebut terhadap manfaat penyuluhan kesehatan itu sendiri. Dengan mengetahui manfaat penyuluhan kesehatan, klien akan termotivasi untuk mengikuti proses penyuluhan dengan semangat dan antusias yang tinggi.

Kode File : K079
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 20.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)