Jumat, 27 Maret 2009

Hubungan Antara Pengetahuan dan Tingkat Depresi Klien Kanker Serviks di Ruang Kandungan RSUD XXX

Melihat lokasi timbulnya kanker, membuat seorang klien kanker serviks akan merasa bahwa dirinya bukan lagi wanita sejati. Klien tidak mampu lagi menghindari penyakitnya dan harus menjalani berbagai pembedahan atau perawatan, sementara kondisi fisiknya pun semakin lemah dan kurus – klien tersebut tidak akan dapat tersenyum lagi (Kubler-Ross, 1998). Klien kanker yang berubah penampilan tubuhnya akibat proses penyakitnya dan program terapi akan mengalami proses berubah yang diawali dengan denial ( mengingkari ), marah, tawar-menawar, depresi dan menerima ( Keliat, 1998). Proses ini merupakan proses yang panjang namun sebaliknya klien akan segera masuk ke fase menerima.
Depresi merupakan gangguan alam perasaan yang ditandai oleh kesedihan yang mendalam, harga diri yang rendah, rasa bersalah, putus asa, perasaan kosong ( Keliat,1996). Menurut Maramis ( 1994 ), depresi dengan komponen psikologik akan menunjukan tanda-tanda seperti ; rasa sedih, susah, rasa tak berguna, gagal, kehilangan, tak ada harapan, putus asa, serta penyesalan yang patologis dan komponen somatik, misalnya ; anoreksia atau berkurangnya semangat bekerja atau bergaul serta berkurangnya nafsu seksual.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah terjadinya depresi yang difokuskan pada lingkungan, hubungan perawat – klien, afektif, kognitif, perilaku , sosial dan fisiologis ( Keliat, 1996). Ketidakberdayaan dan putus asa merupakan karakteristik dari depresi, oleh sebab itu, tindakan pencegahan awal harus lebih efektif dengan memberikan penjelasan tentang kanker serviks; penyebab, tanda dan gejala awal, upaya pencegahan serta tindakan untuk menangani kanker serviks dan kemungkinan komplikasi yang bakal timbul setelah pemberian terapi. Selain itu, faktor dukungan dari lingkungan sosial misalnya suami, keluarga dan teman dekat juga akan sangat membantu mengatasi masalah yang dihadapi klien kanker serviks.

Kode File : K036
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Bab I – III (pendahuluan – metpen) lengkap
b. Daftar Pustaka
c. Instrumen, dll

Harga : Rp. 20.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)