Selasa, 31 Maret 2009

Gambaran Konsep Diri (Peran) Klien Usia Lanjut Di Wilayah kerja Puskesmas XX

Peningkatan jumlah lansia terjadi di negara maju maupun negara sedang berkembang, negara maju secara relatif peningkatan lansia lebih cepat dibandingkan dengan negara berkembang. Akan tetapi secara absolut peningkatan lansia dinegara berkembang lebih banyak dibandingkan dengan negara maju. Di Indonesia peningkatan jumlah lansia ini berjalan terbalik dengan pertumbuhan jumlah balita. Karena itu, jika pada tahun – tahun mendatang jumlah lansia akan lebih banyak dari balita.
Dengan bertambahnya jumlah penduduk berusia lanjut ini, maka secara tidak langsung akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan baik masalah mental, psikologis, sosial ekonomi maupun masalah kesehatan. Masalah kesehatan pada lansia yang sering terjadi adalah timbulnya berbagai macam penyakit : penyakit sistim pernafasan, penyakit kardiovaskuler, pencernaan, dan penyakit pada persendian / penyakit tulang.
Agar lansia dapat menikmati kehidupan di hari tua sehingga dapat bergembira atau merasa bahagia, diperlukan dukungan dari orang-orang yang dekat dengan mereka. Dukungan tersebut bertujuan agar lansia tetap dapat menjalankan kegiatan sehari-hari secara teratur dan tidak berlebihan. Dukungan dari keluarga terdekat dapat saja berupa anjuran yang bersifat mengingatkan si lansia untuk tidak bekerja secara berlebihan (jika lansia masih bekerja), memberikan kesempatan kepada lansia untuk melakukan aktivitas yang menjadi hobinya, memberi kesempatan kepada lansia untuk menjalankan ibadah dengan baik, dan memberikan waktu istirahat yang cukup kepadanya sehingga lansia tidak mudah stress dan cemas. Perlu dipahami bahwa setelah orang mencapai masa lansia, baik fisik maupun mental sosial secara perlahan mengalami perubahan, namun hal itu dapat ditahan agar perubahan tersebut tidak terlalu dirasakan sebagai penghambat dalam kehidupan. Perubahan-perubahan yang terjadi hendaknya jangan dijadikan sumber stress tetapi perlu diwaspadai dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara periodik. Kalau orang percaya bahwa dirinya sehat, maka ia akan memiliki gairah hidup yang baik dan tidak menunjukkan rasa khawatir yang berlebihan

Kode File : K056
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – III (pendahuluan – metpen) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Donasi : Rp. 30.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)