Jumat, 27 Maret 2009

Gangguan Konsep Diri (Harga Diri) Pada Klien Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis merupakan kegagalan fungsi ginjal yang berlangsung perlahan-lahan dan tak dapat pulih, tubuh tidak mampu mempertahankan keseimbangan metabolik, cairan dan elektrolit, yang mengakibatkan uremi. Penurunan laju filtrasi glomelurus adalah sumber dari disfungsi ginjal. Dampak pada klien yang mengalami gagal ginjal kronis cenderung akan mengalami perubahan fisik atau perilakunya antara lain, gangguan konsep diri yang meliputi : gambaran diri, ideal diri, peran , identitas diri dan harga diri. Konsep diri adalah semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu dalam hubungan dengan orang lain.
Konsep diri terdiri dari :gambaran diri, ideal diri, harga diri, penampilan peran, dan identitas diri. Sedangkan harga diri merupakan hubungan interpersonal yang buruk yang mengakibatkan individu cenderung melakukan kesalahan-kesalahan yang bermula dari sebab-sebab internal. Harga diri yang tinggi adalah perasaan yang berakar dalam penerimaan diri sendiri tanpa syarat, walaupun melakukan kegagalan tetapi tetap merasa sebagai seorang yang penting dan berharga.
Konsep diri dipelajari melalui kontak sosial dan pengalaman berhubungan dengan orang lain. Pandangan individu tentang dirinya dipengaruhi oleh bagaimana individu mengartikan pandangan orang lain tertang dirinya. Individu dengan penyakit yang kronis sering merasa tidak berdaya, menarik diri, menolak, merasa bersalah seperti pada klien yang mengalami gagal ginjal kronis. Dimana penyakit tersebut cenderung akan memerlukan perawatan dan pengobatan yang lama untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kode File : K045
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – III (pendahuluan – metopen) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Kuesioner

Donasi : Rp. 20.000,-

2 komentar:

  1. gimana cara dapat bahan konsep diri pada gagal ginjal diatas?

    BalasHapus
  2. gi mana cara dapat bahan konsep diri pada penderita gagal ginjal kronik diatas

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)