Jumat, 27 Maret 2009

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang ASI dengan Pola Laktasi pada Bayi Baru Lahir sampai umur 4 Bulan

Penerapan pola laktasi yang benar pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan merupakan hal yang sangat penting karenaaa memberikan pengaruh biologik dan psikologik baik bagi kesehatan bayi maupun bagi ibunya. Faktor pengetahuan tentang ASI turut menentukan suatu penerapan pola laktasi yang benar pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari tingkat pengetahuan ibu tentang ASI, pola laktasi pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan, dan mengidentifikasi hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang ASI dan pola laktasi pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan.
Desain penelitian ini adalah diskriptif analitik , pengambilan data secara Cross Sectional. Total responden dalam penelitian ini adalah 28 orang yang dipilih menggunakan tehnik Non Probability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan ibu tentang ASI dan variabel dependennya adalah pola laktasi pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terstruktur dan hasilnya dianalisa dengan uji Spearman Rank dengan tingkat kemaknaan p ≤ 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan 60,7 % responden mempunyai tingkat pengetahuan baik, 57,1 % responden menerapkan pola laktasi yang benar pada bayinya sampai usia 4 bulan. Berdasarkan hasil uji statistika Spearman rank didapatkan adanya hubungan yang sangat bermakna antara pengetahuan ibu tentang ASI dengan pola laktasi pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan dengan tingkat kemaknaan p = 0,009 dengan kekuatan hubungan kurang kuat yaitu Coeffitient Correlation = 0,486. Sebagai rujukan peneliti untuk saran adalah perlunya meningkatkan pengetahuan ibu meneteki tentang ASI dan pola laktasi yang benar dengan cara meningkatkan pemberian informasi kepada ibu meneteki.

Kode File : K046
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka

Donasi : Rp. 30.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)