Jumat, 27 Maret 2009

Faktor-Faktor Internal Yang Berhubungan Dengan Kesulitan Belajar Mahasiswa

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Kesulitan dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor motivasi belajar, kebiasaan belajar dan kecakapan mengikuti kuliah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor-faktor internal yang berhubungan dengan kesulitan belajar mahasiswa di Akper Dr. Soedono Madiun.
Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel diambil dari mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar dengan teknik stratified sampling. Besar sampel 72 mahasiswa terdiri dari 28 mahasiswa tingkat I, 22 mahasiswa tingkat II dan 22 mahasiswa tingkat III. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi hasil evaluasi belajar mahasiswa semester ganjil periode tahun 2001 / 2002. Pengolahan data menggunakan uji statistik koefisien korelasi Spearman rank dengan tingkat signifikan  < 0,01.
Hasil pengolahan data dengan koefisien korelasi Spearman rank menunjukkan tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar ( = 0,641), terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan kesulitan belajar ( = 0,000) dan terdapat hubungan antara kecukupan mengikuti kuliah dengan kesulitan belajar ( = 0,002).
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara faktor kebiasaan belajar dan kecakapan mengikuti kuliah dengan kesulitan belajar mahasiswa di Akper Dr..Soedono Madiun. Sehingga kebiasaan belajar dan kecakapan mengikuti kuliah mahasiswa perlu ditingkatkan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut, dengan cara mengadakan bimbingan belajar kepada mahasiswa.

Kode File : Q007
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 10.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)