Selasa, 31 Maret 2009

Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Fase Kerja Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Irna XX

Komunikasi merupakan bagian integral dari kehidupan manusia tidak terkecuali seorang perawat, yang dalam kegiatan sehari-harinya selalu berhubungan dengan orang lain. Komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien disebut dengan komunikasi terapeutik. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada 10 orang pasien di Irna Gajahmada, diketahui 50% pasien merasa puas dengan komukasi yang dilakukan perawat pada fase kerja, dan 50% lainnya menyatakan tidak puas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan komunikasi terapeutik perawat pada fase kerja dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Irna XX.
Desain penelitian yang diragukan adalah korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampel, yaitu 55 orang sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Berdasarkan karakteristik jenis kelamin menunjukkan bahwa setengah responden berjenis kelamin laki-laki (43,6%) dan sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (56,4%), sedangkan berdasarkan karakteristik tingkat pendidikan menunjukkan bahwa hampir setengah responden (38,2%) berpendidikan SMP dan berpendidikan SMA (29,1%) sebagian kecil responden berpendidikan SD (14,5%), perguruan tinggi (12,7%) dan tidak sekolah (5,5%). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh responden (92,73%) mengatakan komunikasi terapeutik perawat pada fase kerja baik. Sedangkan sebagian kecil responden (7,3%) mengatakan sangat pas terhadap komunikasi terapeutik perawat pada fase kerja, hampir setengah responden (40%) mengatakan puas, sebagian besar responden (52,7%) mengataan cukup / biasa dan tidak seorangpun responden (0%) mengatakan tidak puas maupun sangat tidak puas.
Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh responden mengatakan komunikasi terapeutik perawat pada fase kerja baik dan sebagian besar responden mengatakan cukup puas terhadap komunikasi terapeutik perawat pada fase kerja. Maka komunikasi terapeutik perawat yang dinilai baik oleh hampir seluruh responden perlu diperhatikan sebagai modal dasar dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan masyarakat. Kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat pada fase kerja yang sebagian besar responden mengatakan cukup dapat ditingkatkan dengan perbaikan sistem pelayanan yang lain, misalnya dengan peningkatan sarana dan fasilitas yang diterima pasien.

Kode File : K074
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 20.000,-

4 komentar:

  1. caranya mendapatkan makalah ini,,,,gimana si

    BalasHapus
  2. saya tertarik gimana cara mendapatkan makalah ini yang lengkap.trims

    BalasHapus
  3. gmn cr mendapatkan skripsi yg utuh?

    BalasHapus
  4. gimana caranya dapatkan skripsi yang lengkap

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)