Selasa, 31 Maret 2009

Gambaran Pelaksanaan Tugas Kesehatan Keluarga Pada Lansia di Desa XX

Tugas keluarga adalah mengenal berbagai permasalahan yang dialami oleh lansia, yang antara lain meliputi mengenal masalah kesehatan lansia, mengambil keputusan atas masalah kesehatan yang terjadi pada lansia. Kenyataan di lapangan menunjukkan fenomena yang berbeda, dimana masih banyak keluarga yang tidak dapat menjalankan tugas-tugasnya di bidang kesehatan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan tugas kesehatan keluarga pada lansia di RW 02 Desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif yang dilaksanakan di RW 02 Desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang dengan populasi 176 keluarga dan sampel yang diambil sebanyak 123 responden dengan menggunakan metode Quota sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dibuat mengacu pada variabel penelitian yaitu 5 tugas keluarga di bidang kesehatan lansia.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas keluarga dapat melaksana-kan tugas keluarga dalam mengenal masalah kesehatan lansia dengan baik (43,9%), responden dapat mengambil keputusan atas masalah kesehatan yang terjadi pada lansia dengan baik (46,4%), melakukan perawatan atas masalah kesehatan yang terjadi pada lansia dengan baik (66,7%), memelihara lingkungan rumah yang dapat mempengaruhi kesehatan dan pengembangan pribadi lansia dengan kurang baik (35,7%) dan menggunakan sumber-sumber atau fasilitas kesehatan masyarakat dengan baik (74,1%).
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa keluarga dapat melaksanakan tugas kesehatan keluarga pada lansia dengan baik, kecuali tugas keluarga dalam memelihara lingkungan rumah yang dapat mempengaruhi kesehatan lansia memperoleh hasil yang kurang baik. Peneliti menyarankan agar petugas perawatan kesehatan masyarakat seyogyanya melakukan pengamatan lebih mendalam tentang kemampuan keluarga dalam memelihara lingkungan rumah yang dapat mempengaruhi kesehatan dan pengembangan pribadi lansia, mengingat masih banyak keluarga yang belum dapat menjalankan tugas ini dengan baik.

Kode File : K086
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 20.000,-

1 komentar:

  1. ass,,aq skrg lg menyelesaikan tugas akhir,kalau aq mo beli skripsi diatas gimana caranya n apakah juga ada kuisionernya?pliss jawab ke emailq.

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)