Jumat, 27 Maret 2009

Analisa Hubungan Beban Kerja dan Kondisi Kerja terhadap Stres Perawat ICU Rumah Sakit Umum Daerah XX

Stres merupakan ketidak seimbangan antara demand dan resources yang erat hubunganya dengan kontek pekerjaan, stres pekerjaan dapat disebabkan oleh beban kerja dan kondisi kerja (Abraham dan Shenley, 1992). Beban kerja sebagai sumber stres disebabkan karena kelebihan beban kerja baik beban kerja kuantitatif maupun beban kerja kualitatif (French dan Caplan, 1973). Kondisi kerja merupakan tanggapan individu terhadap lingkungan pekerjaan yang meliputi lingkungan fisik maupun hubungan kerja tim.
Penelitian ini bertujuan mempelajari hubungan beban kerja dan kondisi kerja terhadap stres perawat ICU RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Desain penelitian ini adalah “Cross Sectional” dengan populasi perawat ruang ICU RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Besar sampel sebanyak 28 responden yang diambil secara “Purposive Sampling” sesuai dengan kriteria inklusi pada penelitian ini. Variabel independen berupa beban kerja dan kondisi kerja, sedangkan variabel dependen adalah stres perawat ICU. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner terstruktur. Penyajian data untuk mengidentifikasi beban kerja, kondisi kerja dan stres perawat ICU dengan menggunakan distribusi frekuensi dengan bentuk diagram batang dan diagram pie. Uji yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan kondisi kerja terhadap stres perawat ICU menggunakan uji regresi linear berganda dengan tingkat kemaknaan p ≤ 0,05.
Hasil penelitian menunjukan 39,3% perawat ICU menganggap beban kerja di ruang ICU merupakan beban kerja tingkat ringan, sedangkan kondisi kerja di ruang ICU 53,6% perawat ICU menganggap kondisi kerja tingkat ringan.
Hubungan antara beban kerja terhadap tingkat stres perawat ICU melalui uji regresi linear berganda adalah p = 0,002, sedangkan hubungan kondisi kerja terhadap tingkat stres perawat ICU menunjukan hasil p = 0,044.
Dari penelitian ini menunjukan bahwa beban kerja dan kondisi kerja mempunyai hubungan yang bermakna terhadap stres perawat ICU RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Kode File : K044
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Master tabel, dll

Harga : Rp. 20.000,-

6 komentar:

  1. Wiwit Tri Widodo10 November 2009 22.43

    Tolong dong......kirimin aku file nya

    BalasHapus
  2. erLin Nur Azizah8 Desember 2009 07.04

    assalamualaikum
    bisakah saya mendapatkan filenya untuk data skripsi saya?

    BalasHapus
  3. bro saya mau file nga dan tolong sms noreknya.

    dan apabila tidak sesuai dgn judul, apakah ada garansi buat change judul.....?

    Thx

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum...........
    boleh gak sy mendapatkan filenya untuk data skripsi sy?
    skalian no rek nya. mkasih

    BalasHapus
  5. assalamualaikum...
    berapa lama proses pengiriman file setelah kita transfer biaya pengirimannya ?

    BalasHapus
  6. saya mohon dikirimkan instrumen penelitian beban kerja kuantitatif dan kualitatif menurut Caplan dan French. dan berapa saya harus bayar? trims. tolong kirimi saja message ke email saya. trims lagi

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)