Jumat, 27 Maret 2009

Peran Serta Kader Posyandu Dalam Upaya Peningkatan Status Gizi Balita Melalui Penyuluhan Kesehatan Di Posyandu

Peran serta kader dalam upaya peningkatan status gizi balita melalui upaya penyuluhan kesehatan merupakan hal yang sangat penting guna mendukung program pemerintah untuk mengatasi agar gizi buruk pada anak tidak bertambah melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan revitalisasi posyandu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran serta kader dan faktor yang mempengaruhi dlakukan penyuluhan di wilayah puskesmas ngawen bulan agustus sampai dengan september 2002.
metode penelitian ini adalah diskriptip analitik dan dilakukan secara cross sectional dengan menggunakan variable independent umur, lama jadi kader, pendidikan tambahan, pengetahuan, pendidikan, pekerjaan, pembinaan, sarana / alat peraga, dukungan aparat setempat dan penghargaan. Sedangkan variable dependentnya adalah peran serta. Sampling yang digunakan adalah probability sampling type simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan questioner , data disajikan dalam bentuk gambar, table dan narasi dan analisis data dengan uji statistik chi-square untuk mengetahui hubungan antar variable.
hasil penelitian menunjukan peran serta kader cukup tinggi (70%) dalam kegiatan penyuluhan, terdapat hubungan yang signifikan antara lama jadi kader (p:0,000), pengetahuan (p:0,010), pembinaan (p:0,000), sarana alat peraga (p:0,45), dukungan aparat setempat (p:0,000) dan penghargaan (p:0,050) dengan peran serta. Variable yang tidak berhubungan dengan peran serta adalah umur, pendidikan tambahan, pendidikan dan pekerjaan.
kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran serta kader dalam penyuluhan kesehatan cukup tinggi, tidak semua variable independent berhubungan dengan variable dependent. Rujukan dalam penelitian ini adalah kader posyandu hendaknya tetap mepertahankan peran sertanya, pembinaan dukungan dan pendidikan tambahan perlu dioptimalkan serta perlu penelitian lebih lanjut dengan questioner yang diuji cobakan terlebih dahulu..

Kode File : L007
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Donasi : Rp. 30.000,-

2 komentar:

  1. gmn sih crx, pesan skripsi dgn judul "PERAN SERTA JADER POSYANDU DALAM UPAYA MENINGKATKAN STATUS GIZI BALITA MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN"???????????????????

    BalasHapus
  2. gman cara pesen skripsi judul “PERAN SERTA JADER POSYANDU DALAM UPAYA MENINGKATKAN STATUS GIZI BALITA MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN” ??? please kasih taw ya

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)