Selasa, 31 Maret 2009

Sikap Ibu Hamil Terhadap Pelaksanaan Program Imunisasi Dasar Di Desa XX.

Angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit menular yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi masih cukup tinggi, yaitu sekitar 120.000 setiap tahunnya (CDK, 2007). Untuk mencegah kematian, kesakitan dan cacat pada anak dilakukan upaya program imunisasi yang sudah terorganisir sejak tahun 1956. namun pemberian imunisasi kadang menimbulkan reaksi berupa efeks samping dan hal ini menyebabkan ibu merasa takut untuk mengimunisasikan kembali anaknya. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui gambaran sikap ibu hamil terhadap pelaksanaan program imunisasi dasar.
Penelitian ini menggunakan desain survey deskriptif. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil di desa Taman Asri kecamatan Ampel Gading, dan sampel yang diidentifikasi terdapat 22 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan pada bulan Desember 2008 sampai dengan Januari 2009. Data dianalisa dengan mengolah skor sikap dan menghitung prosentasenya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 63,6% responden memiliki sikap negatif terhadap pelaksanaan program imunisasi dasar, dan 36,4% responden memiliki sikap positif. Peneliti menyarankan agar petugas imunisasi memberikan pemahaman pada masyarakat tentang efek samping yang dapat terjadi setelah pemberian imunisasi, dengan tetap menekankan pada manfaat imunisasi jangka panjang yang sangat berguna bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa yang akan datang.

Kode File : K070
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 30.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)