Selasa, 31 Maret 2009

Gambaran Pengetahuan Wanita Pasangan Usia Subur Tentang Pemeriksaan Pap Smear Di Desa XX

Kejadian kanker di Indonesia diperkirakan terdapat 180.000 kasus baru per tahun, dimana pada usia 30 – 45 tahun merupakan usia yang rentan terhadap penyakit kanker serviks. Kebanyakan pasien datang sudah pada stadium lanjut. Kanker servics stadium awal bisa didiagnosa dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear. Namun hampir 50 % penderita kanker servics ternyata tidak melakukan Pap Smear. Walaupun fasilitas dan sarana untuk pemeriksaan Pap smear telah tersedia dan promosi juga telah dilakukan, namun cakupan wanita pasangan usia subur untuk melakukan pemeriksaan Pap smear ternyata masih rendah. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui gambaran pengetahuan wanita pasangan usia subur tentang pemeriksaan Pap Smear.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan populasi semua wanita pasangan usia subur di desa Wonorejo kecamatan Bantur. Jumlah sampel yang diambil adalah 148 responden yang diambil secara proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan pada bulan Januari 2008. Data dianalisa secara menggunakan rumus prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 46,6% responden memiliki pengetahuan yang baik tentang pemeriksaan Pap Smear, 44,6% responden memiliki pemahaman yang baik, dan 28,4% responden memiliki pengetahuan aplikasi yang baik. Peneliti menyarankan perlunya dilakukan langkah-langkah lebih intensif untuk mensosialisasikan metode pemeriksaan Pap smear ini pada masyarakat secara luas, termasuk penyuluhan tentang kanker leher rahim, sehingga masyarakat lebih tertarik dan termotivasi untuk melakukan pemeriksaan Pap smear.

Kode File : K061
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Donasi : Rp. 40.000,-

1 komentar:

  1. ada contoh kuesionernya jg ga?kalo ada, apa udah diuji validitas kuesionernya?
    trus misalnya, kalo mw minta file lengkapnya, gmn caranya?trus berapa hari baru sampai?

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)