Jumat, 27 Maret 2009

Pengaruh Terapi Aktifitas Kelompok: Sosialisasi Sessi 1 S/D 3 Terhadap Kemampuan Komunikasi Verbal Klien Menarik Diri Di Rumah Sakit Jiwa

Menarik diri merupakan percobaan untuk menghindari interaksi dengan orang lain dan termasuk tingkah laku yang maladaftif. Berbagai macam jenis terapi untuk klien menarik diri termasuk diantaranya TAKS (pengaruh terapi aktifitas kelompok: sosialisasi) yang bertujuan untuk membantu klien melakukan sosialisasi dengan lingkungan disekitarnya secara bertahap.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh terapi aktifitas kelompok: sosialisasi sessi 1s/d 3 khususnya terhadap kemampuan komunikasi verbal klien menarik diri di Rumah Sakit Jiwa DR. Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang.
Populasi dalam penelitian ini adalah klien menarik diri, dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang berasal dari Ruang Kasuari, Ruang Rajawali, Ruang Kakak Tua, Tehnik sampling yang digunakan adalah purposiv sampling.
Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan terapi aktifitas kelompok untuk sessi1sebesar 0,45, sessi 2 sebesar 0,20, sessi 3 sebesar 0,50, hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test sign didapatkan hasil 0,01 karena p< 0,05, kesimpulan bahwa terapi aktifitas kelompok meningkatkan kemampuan komunikasi verbal klien menarik diri.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan terapi aktivitas kelompok: sosialisasi hendaknya tetap diberikan kepada klien menarik diri pada semua unit rawat inap karena dapat digunakan sebagai stimulus dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal, pelaksanaanya dilakukan sebelum jadwal pemberian obat dengan alasan obat psikotropika sebagian besar bersifat sedativ, perawat sebagai role model tetap menjaga komunikasi terapeutik dengan klien secara profesional dalam memberikan layanan asuhan keperawatan, khususnya dalam bidang terapi aktifitas kelompok sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam asuhan keperawatan dan umumnya pelayanan kesehatan secara berkesinambungan.

Kode File : K019
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Donasi : Rp. 40.000,-

2 komentar:

  1. Skripsi ini sedikit berkaitan dengan penelitian saya,, jadi untuk itu saya membutuhkan sedikit referensi dari skripsi ini

    BalasHapus
  2. saya sanggat tertarik dengan sekripsi anda saya membutuihkan sebagai referansi jd gmana cara mgdapatkan sekripsi ini terimakasih.

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)