Selasa, 31 Maret 2009

Perilaku keluarga dalam mencegah dan melakukan penanganan dini penyakit diare di rumah pada anak yang dirawat di Irna XX

Diare masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, baik ditinjuau dari angka kesakitan atau angka kematiannya. Kejadian diare ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor perilaku masyarakat, khususnya perilaku pencegahan dan penanganan dini diare di rumah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran perilaku keluarga dalam mencegah dan melakukan penanganan dini penyakit diare di rumah pada anak yang dirawat di Irna XX.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif dengan populasi sebanyak 69 orang, pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling sebanyak 26 orang. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif dengan alat ukur kuesioner yang dibuat peneliti setelah melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan 60,7 % responden mempunyai tingkat pengetahuan baik, 57,1 % responden menerapkan pola laktasi yang benar pada bayinya sampai usia 4 bulan. Berdasarkan hasil uji statistika Spearman rank didapatkan adanya hubungan yang sangat bermakna antara pengetahuan ibu tentang ASI dengan pola laktasi pada bayi baru lahir sampai usia 4 bulan dengan tingkat kemaknaan p = 0,009 dengan kekuatan hubungan kurang kuat yaitu Coeffitient Correlation = 0,486. Sebagai rujukan peneliti untuk saran adalah perlunya meningkatkan pengetahuan ibu meneteki tentang ASI dan pola laktasi yang benar dengan cara meningkatkan pemberian informasi kepada ibu meneteki.

Kode File : K073
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 70.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)