Selasa, 31 Maret 2009

Perilaku sehari-hari penderita TBC dalam upaya pencegahan penularan penyakitnya di wilayah Puskesmas XX

TBC adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosa. Dahak pasien TBC yang dibuang sembarangan di tanah, mengering, terbang bersama debu, kemudian terhirup oleh orang yang berada di sekitarnya. Perilaku sehari-hari yang kurang sehat di atas cenderung mengakibatkan penularan dan peningkatan kasus TBC, seperti yang terjadi di Pusekesmas Gondanglegi Kabupaten Malang dimana terjadi peningkatan kasus dari 11 orang dengan BTA positif dan 163 suspect TBC (tahun 2002) meningkat menjadi 25 orang dengan BTA positif dan 256 suspect TBC pada tahun 2003. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku sehari-hari penderita TBC dalam upaya pencegahan penularan penyakitnya di wilayah Puskesmas XX
Peneliti menggunakan desain penelitan diskriptif untuk mendapatkan gambaran nyata tentang perilaku sehari-hari penderita TBC dalam upaya pencegahan penularan penyakitnya. Tehnik sampling dengan total sample sebanyak 20 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dilakukan pada bulan Juli 2004.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku membuang dahak penderita TBC sebanyak 70% responden membuang dahak di kamar mandi/WC, 55% di sembarang tempat. Perilaku minum obat minum secara teratur sebanyak 65%, selalu kontrol jika obat habis sebanyak 75%, 40%responden kadang-kadang lupa tidak minum obat, dan 5% responden yang berhenti minum obat sebelum sembuh. Perilaku mengatur ventilasi rumah, 50% membuka pintu dan jendela rumah setiap hari, 45% jarang membuka jendela kamar/ruangan. Perilaku kebersihan diri 70% menutup mulut setiap kali batuk atau bersin, 65% mencuci mulut dan menyikat gigi setiap hari, 80% responden selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan 20% responden menjemur kasur secara rutin.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa mayoritas responden membuang dahak di kamar mandi dan di sembarang tempat, sebagian besar responden telah minum obat secara teratur dan melakukan kontrol secara rutin, separuh responden selalu membuka pintu dan jendela rumah setiap hari, serta sebagian besar responden menutup mulut setiap kali batuk, mencuci mulut dan menyikat gigi, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
Peneliti juga merekomendasikan pada peneliti selanjutnya untuk meneliti hubungan antara faktor-faktor penyebab kekambuhan asma dengan frekuensi kekambuhan pada klien asma. Para perawat juga diharapkan untuk secara aktif memberikan pendidikan kesehatan pada klien, terutama tentang cara-cara mencegah serangan asma dan menghindari faktor ektrinsik dan faktor intrinsik yang dapat mencetuskan serangan asma bronkial.

Kode File : L009
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 20.000,-

5 komentar:

  1. Ge mana cara mesan nya terima kasih

    BalasHapus
  2. Bagaimanacara memesan skripsi dgn judul "Perilaku sehari-hari penderita TBC dalam upaya pencegahan penularan penyakitnya di wilayah Puskesmas XX"

    BalasHapus
  3. gman cara mesannya.....tolong informasinya.thank's

    BalasHapus
  4. saya mau bli,gmn caranya???
    thank's

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)