Selasa, 31 Maret 2009

Hubungan antara Jenis Pemberian Makanan Tambahan dengan tingkat perkembangan anak usia prasekolah di TK XX

Pemberian makanan tambahan merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak, sangat penting diberikan sejak bayi sampai anak berusia lima tahun (pra sekolah). Seharusnya anak-anak di Taman Kanak-kanak Dian Pertiwi Bumiayu Malang yang sudah mendapat makanan tambahan dengan jenis lengkap tidak ada yang mengalami keterlambatan perkembangan, tetapi kenyataannya ada beberapa siswa yang mengalami keterlambatan, sehingga peneliti mengungkapkan ada kesenjangan antara teori dan fakta yang perlu dibuktikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara jenis pemberian makanan tambahan dengan tingkat perkembangan anak usia prasekolah di TK XX.
Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 60 anak, jumlah sampel adalah 48 anak yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode analisa data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan < 0,05. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi DDST II.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 35 anak (72,9%) mendapat PMT secara lengkap, dan 13 anak (27,1%) tidak mendapat PMT secara lengkap. Sedangkan anak yang tingkat perkembangan yang normal sebanyak 35 responden (72,9%), meragukan sebanyak 12 responden (25%) dan yang abnormal sebanyak 1 responden (2,1%). Dari analisis uji Chi-Square untuk d.k = 2 dan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan hasil sebesar 30,012 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara jenis Pemberian Makanan Tambahan dengan tingkat perkembangan anak usia prasekolah di TK Dian Pertiwi Bumiayu Malang. Kesimpulan ini diambil karena harga Chi-Square hitung lebih besar dari harga tabel (30,012 > 5,59) dan tingkat kemaknaan lebih kecil dari alfa () yang ditetapkan (0,000 < 0,05) maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Peneliti menyarankan lembaga pendidikan untuk mengembangkan praktik makan makanan yang sehat secara rutin pada anak-anak didik, karena program makan bersama di sekolah terbukti sangat baik dilaksanakan.

Kode File : L010
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 50.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)