Selasa, 31 Maret 2009

Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap XX

Proses keperawatan adalah metode yang dapat digunakan perawat dalam rangka proses berfikir yang terorganisasi untuk pengambilan keputusan klinik, pemecahan masalah, dan memberikan perawatan yang berkualitas baik pada pasien sebagai individu, keluarga, atau masyarakat. Setiap langkah dalam proses keperawatan ini perlu didokumetasikan dengan baik agar dapat dilaksanakan dengan tepat, karena pada umumnya perawat bekerja secara tim. Dokumentasi keperawatan ini merupakan salah satu alat komunikasi antar perawat, penting untuk menghidari pemutar-balikan fakta dan untuk mencegah kehilangan informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pendokumentasian asuhan keperawatan pasien di Instalasi Rawat Inap Badan Rumah Sakit XX.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanyak 41 responden. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif dengan alat ukur kuesioner yang diadopsi dari penerapan standar asuhan keperawatan oleh Depkes RI
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dokumentasi asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Badan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Malang 46,3 % adalah baik, 48,8% cukup, dan 4,9% kurang baik. Dokumentasi yang kurang baik terutama karena format pengkajian yang dijadikan pedoman belum mencantumkan secara lengkap jenis data yang harus dikaji, khususnya pada data aspek psikologis, sosial dan spiritual. Pada perencanaan asuhan keperawatan juga belum dituliskan secara jelas tujuan dan kriteria hasil dari tindakan yang akan dilakukan sehingga dapat berpengaruh pada pencatatan evaluasi, karena evaluasi ini didasarkan pada kriteria keberhasilan dalam perencanaan.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa mayoritas dokumentasi asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Badan Rumah Sakit XX sudah cukup baik. Peneliti menyarankan agar format pendokumentasian yang dijadikan pedoman di rumah sakit ini perlu dilengkapi sehingga semua data baik fisik, psikologis, sosial dan spiritual pasien dapat dikaji dan perawat dapat mengidentifikasi semua masalah keperawatan pasien, dengan demikian kualitas asuhan keperawatan di masa mendatang juga diharapkan dapat lebih baik.

Kode File : K075
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 20.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)