Jumat, 27 Maret 2009

Hubungan Antara Pengetahuan Petugas Panti Tentang Adl Dengan Pemenuhan Kebutuhan ADL Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha

Pemenuhan kebutuhan lansia tidak semudah memenuhi kebutuhan usia muda, oleh karena itu menjadai petugas panti harus diperlukan pengetahuan dan keterampilan tertentu. Menjadi pengasuh orang usia lanjut seringkali tidaklah mudah, adakalanya membuat petugas putus asa. Karena rumitnya masalah orang lanjut usia tersebut. Untuk itu sangat diperlukan kekuatan dan kesehatan baik fisik maupun mental petugas, apalagi pada kasus-kasus yang berat dimana lansia memerlukan bantuan terhadap pemenuhan kebutuhan sehari-hari, disisi lain asuhan tersebut dapat merupakan pengalaman berharga dan menyenangkan bagi petugas panti, pada kondisi ini petugas panti harus memberikan perhatian terus menerus karena lansia yang kurang mendapat perhatian terutama dalam hal pemenuhan ADL merasa terisolasi serta mengalami gangguan penyesuaian bahkan sampai depresi.
Dengan bertambahnya jumlah usia lanjut di Indonesia sebagai dampak keberhasilan pembangunan, menyebabkan meningkatnya permasalahan pada kelompok lansia yang perjalanan hidupnyua secara alami akan mengalami masa tua dengan segala keterbatasannya terutama dalam masalah kesehatan. Hal tersebut diperkuat lagi dengan kenyataan , bahwa kelompok lansia lebih banyak menderita penyakit yang menyebabkan ketidakmampuan dibandingkan dengan orang yang lebih muda. Keadaan tersebut masih ditambah lagi bahwa lanjut usia biasanya menderita berbagai macam gangguan fisiologi yang bersifat kronik, juga perubahan secara biologik, psikis, sosial ekonomi, akan mengalami kemunduran. Dengan kopmplitnya masalah pada lansia maka semakin berat beban kerja dari petugas panti, sehingga pemenuhan kebutuhan aktifitas sehari-hari belum dapat terpenuhi secara keseluruhan.
Seseorang yang akan memasuki usia lanjut harus mempersiapkan dirinya agar dapat menyesuaikan dirinya pada lingkungan baru.Bila sewaktu muda otot masih kuat, maka segala pekerjaan fisik dapat dilakukan tanpa batas. Pada orang lanjut usia pekerjaan yang memerlukan tenaga sudah tidak cocok lagi, lansia harus beralih pada pekerjaan yang lebih banyak menggunakan otak bukan otot, pada lansia fungsi organ-organ tubuh umunya menurun, kemampuan melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari juga sudah mengalami penurunan sehingga kemandirian berkurang, ini merupakan permasalahan khusus pada lansia, dimana tingkat ketergantungan pada petugas panti terutama dalam melaksanakan atifitas sehari-hari sangat tinggi.
Ruang cakupan merawat lansia dapat sangat bervariasi, mulai dari menemani, membantu aktivitas merawat diri sampai hal lain sesuai kebutuhan pasien. Sebagai dasar pelaksanaan kerja, para petugas panti sebaiknya mengetahui riwayat penyakit dari masing-masing lansia, oleh karenanya diperlukan pelatihan khusus bagi petugas panti agar terampil melaksanakan tugasnya. Kemampuan yang harus juga dimiliki oleh petugas panti adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik, didasari pada empati dan kesabaran yang tulus, serta rasa cinta dan semangat untuk memberikan dukungan.

Kode File : K024
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – metpen) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 30.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)