Selasa, 31 Maret 2009

Gambaran motivasi kerja perawat dan faktor-faktor yang melatarbelakangi motivasi kerja perawat di IRNA RSD XX

Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan. Motivasi merupakan suatu faktor penting dalam menentukan tingkat kinerja karyawan dan kualitas pencapaian tujuan. Dari kajian yang dilakukan oleh peneliti pada perawat IRNA RSD XX didapatkan bahwa sebagian besar (50%) perawat memiliki tingkat motivasi sedang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yang melatarbelakangi motivasi kerja. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang motivasi kerja dan faktor-faktor yang melatarbelakangi.
Desain penelitian menggunakan deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan motivasi kerja dan faktor-faktor yang melatarbelakangi. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat IRNA RSD XX. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Tehnik pengambilan sampling adalah purposive-proportional area probability sampling dengan jumlah responden adalah 93 orang perawat. Analisa data dalam penelitian ini melalui tahap-tahap editing, koding, skoring, klasifikasi, tabulasi, dan prosentase.
Hasil dari penelitian ini adalah 65,59% perawat IRNA RSD XX memiliki motivasi sedang. Faktor intrinsik yang dominan melatarbelakangi motivasi kerja adalah 98,92% karena faktor prestasi dan pengembangan diri, sedangkan faktor ekstrinsik 67,74% karena faktor administrasi yang tidak efisien.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas perawat memiliki motivasi sedang dan faktor-faktor yang terbanyak melatarbelakangi motivasi adalah faktor prestasi, pengembangan diri, dan administrasi yang tidak efisien. Bila dikaitkan dengan karakteristik usia responden yang mayoritas dalam kategori usia muda dimana semakin bertambah usia karyawan tingkat kepuasan kerjanya meningkat dan pada titik tertentu semakin tinggi sehingga motivasinya rendah. Jadi perlu adanya tindakan nyata atau pembaharuan untuk meningkatkan motivasi kerja misalnya dengan mengadakan lomba merawat luka, kesempatan mengikuti pelatihan yang dibiayai rumah sakit, dan penerimaan gaji tepat waktu.

Kode File : K058
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 20.000,-

3 komentar:

  1. nggak usah bayar dunk
    sy butuh banget nih
    tolong kirim ke e-mailku
    yg kode K058
    makasih,semoga Tuhan membalasnya

    BalasHapus
  2. mohon dikirim donk file selengkapnya,butuh banget nih. bayar juga boleh,tapi gmn caranya ?. takut tertipu nich,bayar langsung aja yach /!. trims

    BalasHapus
  3. Gambaran motivasi perawat dan faktor2 yg melatarbelakangi,sy butuh skripsi ini bagaimana sy bayar dan mendapatkannya, segara thx

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)