Jumat, 27 Maret 2009

Analisa Hubungan Karakteristik Perawat Dan Tingkat Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Protap Pemasangan Infus

Infeksi nosokomial pada pasien yang terpasang kanula intra vena merupakan salah satu indikator adanya infeksi akibat kesalahan pemasangan maupun perawatan pasien dengan terapi intravena. Perawat berpendapat pemasangan infus adalah hal yang sudah biasa dikerjakan. Bahkan ketika ditanya masalah protap pemasangan infus mereka sedikit mengetahui isi dari protap tersebut dan ketika diobservasi saat melaksanakan pemasangan infus ternyata ada beberapa kriteria tidak dilaksanakan yang sesuai dengan isi protap, terutama masalah mencuci tangan (teknik septik-aseptik). Sementara dari laporan tahunan pengendalian infeksi nosokomial didapatkan angka infeksi nosokomial karena pemasangan kanula intra vena yaitu 2,15% dari seluruh kejadian infeksi nosokomial yang ada. Disisi lain, pihak rumah sakit sudah mempunyai protap-protap dalam menanggulangi terjadinya infeksi nosokomial tersebut, kenyataannya masih timbul kejadian infeksi nosokomial pada pasien yang terpasang kanula intra vena.
Kepatuhan merupakan bagian dari prilaku individu yang bersangkutan untuk mentaati atau mematuhi sesuatu, sehingga kepatuhan perawat dalam melaksanakan protap pemasangan dan pearawatan infus tergantung dari prilaku individu perawat itu sendiri. Perilaku kepatuhan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan dapat dikategorikan menjadi faktor intrernal yaitu karakterisitk perawat itu sendiri (umur, jenis kelamin, agama, pendidikan, status perkawinan, kepribadian, sikap, kemampuan, persepsi dan motivasi) dan faktor eksternal (karakteristik organisasi, karakteristik kelompok, karakteristik pekerjaan, dan karakteristik lingkungan).
Faktor tersebut diatas sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut mengenai sejauh mana tingkat kepatuhan perawat dalam melaksanakan protap pemasangan dan perawatan infus dihubungkan dengan faktor internal dan eksternal dari perawat itu sendiri. Untuk mendapatkan gambaran nyata dari fenomena diatas maka penulis ingin meneliti sejauh mana hubungan antara faktor-faktor tersebut diatas dengan tingkat kepatuhan perawat dalam melaksanakan prosedur tetap pemasangan infus. Hasil penelitian ini akan dapat memberi acuan dalam mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan perawat dan selanjutnya dapat dipakai mencari solusi dalam meningkatkan kepatuhan perawat terhadap protap-protap yang berlaku.

Kode File : K050
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 30.000,-

3 komentar:

  1. tolonh dong skripsinya dari awal sampai akhir pleacesssss............!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. saya melakukan penelitian tentang kepatuhan perawat. saya ingin tahu buku atau teori kepatuhan yang bisa saya dapatkan selain buku dari niel niven. ty

    BalasHapus
  3. bisa tampilkan "hubungan motivasi dan imbalan dengan kepatuhan perawat saat mengikuti timbang terima"

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)