Selasa, 31 Maret 2009

Faktor Dominan Pencetus Serangan Asma Pada Pasien Asma Bronkiale di Instalasi Rawat Inap RS XX

Asma bronkial merupakan penyakit yang bersifat multifaktorial, dan timbulnya serangan ini selain karena adanya faktor ekstrinsik, juga dipengaruhi oleh adanya faktor intrinsik. Asma dikenali dengan adanya gejala susah bernafas, batuk dan mengi. Dari data rekam medik RS terdapat 756 kasus pada tahun 2003 atau meningkat sekitar 230% dari tahun 2002 yang hanya terdapat 356 kasus. Beranjak dari uraian diatas maka peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang menjadi pencetus serangan asma pada pasien Asma Bronkiale di RS XX”.
Peneliti menggunakan desain penelitan diskriptif untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai faktor dominan pencetus serangan asma. Tehnik sampling dengan total sample sebanyak 25 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dilakukan pada bulan Juni 2004.
Adapun hasil penelitian bahwa faktor pencetus serangan asma sebagian besar adalah alergen (80%), sebagian dicetuskan oleh iritan/polutan (40%) dan infeksi saluran pernafasan (36%), perubahan lingkungan/suhu juga menjadi pencetus serangan asma pada sebagian besar responden (60%), dan hanya sedikit responden yang serangan asmanya dicetuskan oleh obat-obatan (8%). Faktor instrinsik yang menjadi pencetus serangan asma sebagian besar adalah kegiatan berlebihan (68%), dan sebagian kecil dicetuskan oleh faktor emosional/konflik rumah tangga (36%).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor ekstrinsik yang dominan menjadi pencetus serangan asma pada sebagian besar pasien asma bronkial adalah alergen dan perubahan lingkungan/suhu, sedangkan faktor instrinsik yang dominan menjadi pencetus serangan asma sebagian besar pasien asma bronkial adalah kegiatan fisik berlebihan. Peneliti juga merekomendasikan pada peneliti selanjutnya untuk meneliti hubungan antara faktor-faktor penyebab kekambuhan asma dengan frekuensi kekambuhan pada klien asma. Para perawat juga diharapkan untuk secara aktif memberikan pendidikan kesehatan pada klien, terutama tentang cara-cara mencegah serangan asma dan menghindari faktor ektrinsik dan faktor intrinsik yang dapat mencetuskan serangan asma bronkial.

Kode File : K081
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 20.000,-

3 komentar:

  1. klu saya mau liat isi lgkpnya gmn crnya?*makasi

    BalasHapus
  2. bgmn cara dptkan file lengkap ttg faktor dominan asma bronkiale?

    BalasHapus
  3. download gratis ada gak om

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)