Jumat, 27 Maret 2009

Hubungan Kompetensi Dosen Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa

Agar dapat melakukan tugas dan fungsi profesionalnya secara maksimal, dosen harus memiliki seperangkat kompetensi. Dalam salah satu unsur kompetensinya tersebut, dosen berperan dalam membangun kemampuan belajar mahasiswa dengan cara membangkitkan motivasi belajar yang menentukan dalam peningkatan usaha serta keberhasilan pembelajaran. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi kompetensi dosen, motivasi belajar mahasiswa dan mengetahui hubungan antara kompetensi dosen dengan motivasi belajar mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan Program B Semester 3. Jenis penelitian ini adalah cross sectional yang mempelajari korelasi antara variabel independen (kompetensi dosen) dan variabel dependen (motivasi belajar). Sampel penelitian ini ada dua, yaitu subyek penelitian (mahasiswa) dan obyek penelitian (dosen) yang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode penelitian ini dengan memakai kuesioner pada kedua variabel dengan item pertanyaan yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah 97% responden menilai kompetensi dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Program B Semester 3 cukup baik, 79% responden motivasi belajar di Program Studi Ilmu Keperawatan Program B Semester 3 cukup baik dan hasil uji statistik korelasi product moment person menunjukkan nilai r hitung 0.748, sedangkan r tabel pada taraf signifikan untuk 40 responden adalah 0.312, berarti r hitung lebih besar dari r tabel. Ini berarti H1 diterima, yaitu: adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi dosen dengan motivasi belajar mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan Program B Semester 3. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan agar meningkatkan kompetensi dosen pada kedua sub varibel, yaitu: sub variabel penguasaan kompetensi terutama tentang penyampaian tujuan pembelajaran sebelum memulai perkuliahan, keberadaan dan kesesuaian tes evaluasi pada akhir perkuliahan dengan materi yang telah diberikan serta penerapan hasil-hasil riset yang dapat menunjang perkuliahan. Sementara itu pada sub variabel potensi kepribadian, perlu adanya peningkatan kemampuan dosen dalam menciptakan rasa humor dalam perkuliahan. Pada motivasi belajar mahasiswa, disarankan pada dosen untuk lebih memperhatikan kehadiran mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Dan bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian pada faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kompetensi dosen dan motivasi belajar.

Kode File : Q005
File skripsi ini meliputi :
a. Bagian depan
b. Bab I – VII (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

Harga : Rp. 20.000,-

1 komentar:

  1. mau yang kode Q005 ini dong ka,, ini alamat email aku parazzieamie@gmail.com
    msalah prosedur nyah send email ajah yah ka,,

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)