Selasa, 31 Maret 2009

Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Makanan Bergizi di Desa XX.

Kebutuhan gizi seimbang, baik kualitas maupun kuantitasnya sangatlah penting bagi ibu pada masa nifas/menyusui. Namun fenomena yang sering terjadi di masyarakat pedesaan adalah kuatnya pengaruh sosial budaya terhadap kebiasaan sehari-hari. Adat dan tradisi merupakan dasar perilaku tersebut. Fenomena inilah yang masih mempengaruhi kebiasaan masyarakat Desa Bandungrejo Kecamatan Bantur dalam hal memilih dan menyajikan makanan. Masyarakat masih mempercayai adanya pantangan makanan, mereka menerima dan menolak jenis pangan tertentu.

Menu makanan pada ibu nifas yang memenuhi unsur kecukupan gizi sangat penting diperhatikan karena pada masa ini kebutuhan gizi ditujukan pada ibu dan bayinya. Ibu nifas membutuhkan gizi dengan menu seimbang. Kuantitas dan kualitas makanan ibu yang baik pada saat nifas akan mempengaruhi produksi ASI. Ibu nifas perlu mengetahui pedoman makanan bergizi pada masa nifas, selain untuk kesehatan bayinya juga untuk pemulihan kondisinya setelah melahirkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengetahuan ibu nifas tentang makanan bergizi di Desa Bandungrejo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan desain studi deskriptif. Populasinya adalah semua Ibu nifas di Desa Bandungrejo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Jumlah sampel 26 ibu yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan analisa deskriptif dengan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 65,4% responden memiliki pengetahuan yang baik tentang makanan bergizi pada masa nifas. Pengetahuan responden ini berkaitan dengan faktor usia, tingkat pendidikan, dan status paritasnya.

Dampak yang terjadi bila kekurangan zat gizi, terutama pada penyembuhan luka, akan lebih lama sembuh bahkan bisa timbul infeksi. Apalagi pada ibu nifas tentu sangat membutuhkan makanan bergizi untuk memulihkan kondisi, mempercepat kesembuhan luka, dan proses laktasi.

 



Kode File : K067
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

 



Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp.60.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)