Rabu, 01 April 2009

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) Di Rumah Sakit XX

BBLR merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang dapat mengakibatkan tingginya Angka Kematian Bayi yang merupakan salah satu indikator rendahnya derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini dilakukan karena masih tingginya angka BBLR di Provinsi Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian BBLR.
Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah seluruh ibu yang bersalin di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Kota Bandar Lampung tahun 2006 yang berjumlah 302 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data yang dianalisa meliputi kejadian BBLR sebagai variabel terikat, dan data umur, umur kehamilan, paritas, dan penyakit penyerta sebagai variabel bebas. Data tersebut diolah dan dianalisa menggunakan program komputer. Analisa data secara univariat ditampilkan dalam bentuk distribusi frekuensi dan secara bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat dan variabel bebas.
Dari penelitian didapatkan kejadian BBLR sebesar 22,5%. Analisa uji hipotesis dengan derajat kepercayaan 95% menunjukkan hubungan yang bermakna antara umur dan umur kehamilan dengan kejadian BBLR. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara paritas dan penyakit penyerta dengan kejadian BBLR.
Untuk menurunkan insidens BBLR disarankan agar Dinas Kesehatan lebih meningkatkan penyuluhan mengenai BBLR pada masyarakat. Disamping itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai BBLR agar penurunan AKB menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.

Kode File : L015
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 30.000,-

2 komentar:

  1. gmn cara utk dpt yg lengkapx??mhn infox.trims

    BalasHapus
  2. bagaimana saya membvelinya?

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)