Kamis, 16 April 2009

Hubungan Pola Perilaku Makan Ibu Post Partum dengan proses Penyembuhan Luka Episiotomi di Puskesmas XXX

Episiotomi adalah prosedur yang paling sering dilakukan untuk memperbesar leher rahim dan membantu bayi keluar. Hampir 80% persalinan normal melibatkan tindakan episiotomi. Ada anggapan menggunting perineum akan memudahkan bayi keluar dan robekan pun lebih rapi, terutama jika yang dilahirkan adalah anak pertama. Alasannya dinding dasar panggul ibu masih kakus ehingga sering kali menyebabkan persalinan kala II (saat lahirnya bayi) menjadi lama yang dapat meningkatkan resiko kesulitan bernafas pada bayi baru lahir (Asfiksia Nenonatum).
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross Sectional. Populasinya adalah semua ibu yang melahirkan di Puskesmas Sumber Pucung Malang yang mengalami episiotomi dan kontrol pada hari ke-7. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 10 responden yaitu ibu yang melahirkan di Puskesmas XX yang mengalami episiotomi dan kontrol pada hari ke-7, pada bulan Juli 2008. Variabel yang diteliti adalah pola perilaku makan ibu post partum dan penyembuhan luka episiotomi. Data ini diambil dengan menggunakan lembar observasi. Setelah ditabulasi data yang dianalisis dengan menggunakan uji Rank Sperman Correlation dengan tingkat kemakmuran 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan pola perilaku makan ibu post partum adalah pada kategori baik yaitu sebanyak 20%, kemudian kategori cukup baik 50%, sedangkan kategori baik sebanyak 30%, dan tidak satupun responden yang mempunyai pola perilaku makan tidak baik. Proses penyembuhan luka episiotomi pada ibu post partum yaitu proses penyembuhan luka baik sebanyak 40%, proses penyembuhan luka cukup baik sebanyak 30%, dan proses penyembuhan luka tidak baik 30%. Hasil pengujian statistik diperoleh hasil ada hubungan pola perilaku makan ibu post partum dengan proses penyembuhan luka episiotomi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,969 dengan tingkat signifikan 0,05 (rhitung > rtabel¬ yaitu 0,969 > 0,648).
Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya pola perilaku makan ibu post partum yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka episiotomi.

Kode File : K098
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Lampiran2

Harga : Rp. 30.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)