Minggu, 26 April 2009

Faktor-faktor yang melatarbelakangi klien pulang paksa di RSUD XX

Pelayanan yang bermutu pada dasarnya merupakan suatu pengalaman emosional bagi pelanggan. Jika pelanggan merasa bangga dan puas atau bahkan surprise dengan jasa yang diterima, akan memperlihatkan kecenderungan yang besar, untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan oleh perusahaan di masa yang akan datang. Dampak langsung dari kepuasan pelanggan adalah adanya penurunan komplain dan peningkatan kesetiaan konsumen (Agustini, 2001). Demikian pula dengan rumah sakit sebagai perusahaan jasa, jika pelanggan atau pasien merasa puas dengan mutu pelayanan rumah sakit tersebut maka ada kecenderungan untuk setia terhadap pelayanan rumah sakit.

Kenyataan di lapangan justru berbeda, dimana sering diketahui pasien minta pulang paksa sebelum masa perawatan atau pengobatannya selesai. Berdasarkan data yang didapat dari Rekam Medik RSUD XX diketahui bahwa jumlah pasien pulang paksa pada periode Juli - Desember 2007 sebanyak 108 pasien dari jumlah total rawat inap sebanyak 625 pasien ( 17,2 %)
Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa RSUD XX memiliki masalah kasus pulang paksa yang cukup tinggi sehingga walaupun penyakit pasien belum teratasi mereka memaksa untuk keluar dari rumah sakit tersebut. Hal ini dapat terkait dengan faktor kepuasan pasien dan harapan atau permintaan pasien yang belum terpenuhi. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi ketidakpuasan pasien antara lain adalah product, price, place, promotion, people dan process yang kurang sesuai dengan harapan pelanggan.

Produk rumah sakit dalam hal ini adalah jasa pelayanan pengobatan dan perawatan yang kurang memenuhi harapan pasien, price atau biaya pelayanan yang terlalu tinggi, place atau tempat yang kurang nyaman, promotion atau informasi yang kurang akurat dan memadai bagi pasien, people atau tenaga medis/paramedis yang kurang profesional serta process seperti prosedur administrasi ataupun birokrasi yang terlalu rumit merupakan beberapa contoh kejadian/kondisi yang menimbulkan ketidakpuasan pasien sehingga pasien minta pulang paksa.

Kode File : K202
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 30.000,-

2 komentar:

  1. mas, gimana caranya mendapatkan skripsinya, mohon informasinya!

    BalasHapus
  2. mas.. gimana caranya mendapatkan skripsinya...???

    Idha

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)