Rabu, 15 April 2009

Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya Dalam Pembelajaran al Qur’an Hadits Di MTs

Agama Islam mengajarkan sebuah tuntunan kepada manusia untuk
menuju kebahagiaan dan kesejahteraan. Adapun segala tuntunan tersebut
terdapat dalam al Qur’an dan al Hadits. al Qur’an telah melahirkan disiplin
ilmu baik itu ilmu nahwu, syaraf, badi’, usul, falsafah, politik, ekonomi,
sosial, sains, seni, dan lain-lain. Ini berarti bahwa al Qur’an selain syarat
dengan substansi dan informasi juga memiliki kandungan metodologis dan
paedogogis bagi umat manusia.

Banyak hal yang bermanfaat bagi peserta didik apabila mempelajari
dan diberi pendidikan tentang al Qur’an mengingat isi kandungannya yang
penuh dengan petunjuk dan menjadi kewajiban kita umat manusia untuk
mempelajari kitab tersebut yaitu al Qur’an. Sebagaimana firman Allah SWT
dalam surat al An’am ayat 155 yang berbunyi:

( وهذا آتب أنزلناه مبارك فاتبعوه واتقوا لعلكم ترحمون (الانعام: 155

Artinya: ”Dan inilah sebuah kitab yang telah kami (Allah) turunkan yang
diberkati, maka dari itu turutlah dan bertaqwalah kamu (kepada
Allah) supaya kamu diberi rahmat.” (Q.S. Al An’am :155)

Ayat di atas menunjukkan bahwa kitab (al Qur’an) diberkahi, yang
berisi penuh kebaikan untuk kepentingan manusia. Oleh karena itu manusia
diperintahkan agar mengikuti dan mempelajari al Qur’an supaya diberi rahmat dan petunjuk oleh Allah di dunia maupun di akhirat kelak
Dalam mengkomunikasikan ilmu pengetahuan agar berjalan secara
efektif maka perlu menerapkan berbagai metode mengajar sesuai dengan
tujuan situasi dan kondisi yang ada guna meningkatkan pembelajaran dengan
baik, karena berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar ditentukan oleh
metode pembelajaran yang merupakan bagian integral dalam sistem
pembelajaran.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan proses
belajar mengajar salah satu yang disoroti adalah segi metode yang digunakan. Sukses tidaknya suatu proses pembelajaran salah satunya tergantung pada ketepatan metode yang digunakan. Demikian pula dalam pembelajaran al Qur’an Hadits juga membutuhkan metode yang tepat. Sebab metodelah yang menentukan isi dan cara mempelajari al Qur’an Hadits tersebut dengan baik.

Dengan demikian metode merupakan alat yang sangat penting untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan dan direncanakan. Selain itu ketepatan memilih metode dalam penerapannya juga harus diperhatikan. Seperti halnya penggunaan metode menghafal dalam pembelajaran al Qur’an Hadits.

Kode File : B007
File proposal skripsi ini meliputi :
a. Bab I – V (pendahuluan – penutup)
b. Daftar pustaka

Bentuk file : pdf

Harga : Rp. 30.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)