Minggu, 26 April 2009

Persepsi Lansia Terhadap Pengelolaan Posyandu Lansia di Desa XX

Posyandu lansia merupakan pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial. Posyandu lansia dengan berbagai programnya yang mulia tersebut sudah seharusnya banyak memberikan manfaat bagi para orang tua di wilayahnya. Namun data menunjukkan bahwa pemanfaatan posyandu lansia sangat rendah, hanya sekitar 22,6% saja. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi lansia terhadap pengelolaan Posyandu Lansia di Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi Lansia di Desa Gondowangi Kecamatan Wagir yang terdaftar di register posyandu. Tehnik sampling dengan total sampel sebanyak 53 orang. Metode pengumpulan data melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan pada bulan Juli 2008.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 54,7% mempunyai persepsi yang baik (favorable) terhadap pengaturan waktu pelaksanaan posyandu, 60,4% mempunyai persepsi yang baik (favorable) terhadap pengaturan tempat posyandu lansia, dan 64,2% mempunyai persepsi yang baik (favorable) terhadap penampilan kader dan petugas kesehatan di posyandu lansia.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa persepsi lansia terhadap pengelolaan posyandu lansia di Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, sebagian besar lansia mempunyai persepsi yang baik (favorable). Peneliti merekomendasikan agar petugas posyandu lansia mengadakan pelayanan atau kegiatan yang inovatif sehingga lansia tidak merasa bosan dan merasa perlu untuk selalu menghadiri kegiatan posyandu. Kegiatan yang meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas seperti senam sehat lansia, jalan sehat, dan lainnya dapat diselenggarakan secara rutin sesuai kesepakatan bersama para lansia.

Kode File : L028
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 40.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)