Selasa, 28 April 2009

Hubungan Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Anak Prasekolah

Kecerdasan emosional (EQ) individu mencakup pengendalian diri, semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, untuk mengenali perasaan orang lain (empati) dan berdoa, serta untuk memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya. Kecerdasan emosional ini memegang peranan penting untuk kesuksesan seseorang, melebihi kecerdasan rasional/intelektual. Untuk itu diperlukan suatu pendidikan sedini mungkin terhadap anak-anak, khususnya tentang kecakapan manusiawi dasariah, seperti kesadaran diri, pengendalian diri, dan empati, seni mendengarkan, menyelesaikan pertentangan dan kerja sama dengan menjaga keseimbangan antara kecerdasan rasional dan kecerdasan emosional.

Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan emosi anak adalah pengasuhan yang memahami kebutuhan anak. Keluarga sebagai satuan unit sosial terkecil merupakan lingkungan pendidikan yang paling utama dan pertama, dalam arti keluarga merupakan lingkungan yang paling bertanggung jawab dalam mengembangkan kematangan emosi anak-anaknya. Orang tua memegang peranan membentuk sistem interaksi yang intim dan berlangsung lama yang di tandai oleh loyalitas pribadi, cinta kasih dan hubungan yang penuh kasih sayang.

Di satu pihak ada orang tua yang memandang bahwa anak merupakan suatu yang sangat didambakan oleh keluarga karena dianggap akan menjadi penyambung silsilah untuk generasi mendatang dengan segala citra yang indah. Sejalan dengan pandangan itu maka orang tua bersikap dan memperlakukan anak dengan cara berlebihan. Aktivitas dan pergaulan anak sangat dibatasi, banyak larangan yang kadang-kadang tidak jelas alasannya. Sebaliknya orang tua berusaha semaksimal mungkin dalam memenuhi segala permintaan anak tanpa melihat dan mempertimbangkan apakah permintaan itu masih dalam batas kewajaran. Sikap yang demikian protektif tersebut dapat menyebabkan anak cenderung bersifat manja, kurang kreatif dan rendah tingkat kemandiriannya, dan pada akhirnya membuat status emosinya kurang stabil.

Peran orang tua dalam melatih dan mendidik anak untuk mendorong kematangan emosi anak seperti tersebut di atas sangatlah penting, yang bisa melalui suatu pola pengasuhan yang baik. Orang tua diharapkan bisa menjadi teman bagi anak, bisa mengarahkan emosi anak, tapi bukan memaksakan anak untuk menuruti kehendak orang tua. Namun selama ini sikap terlalu protektif, pemaksaan keinginan orang tua terhadap anak secara berlebihan, harapan untuk menjadikan anaknya menjadi anak yang pandai/cerdas menurut pikiran orang tua, menggambarkan bahwa kecerdasan intelektual anak dijadikan sebagai tolok ukur utama keberhasilan dalam mendidik anak tanpa memperhatikan kebutuhan bermain anak.

Kode File : Q027
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2, instrumen lengkap

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 50.000,-

8 komentar:

  1. jdul'y ada hub. dg tgs yang sy k'jain skrang. tolong krimin dta s'lengkap'y donk.... b'pa biaya'y??

    BalasHapus
  2. tolong dong dikirim skripsinya dan berapa harganya dan melalui apa bila transaksi

    BalasHapus
  3. assalamualaikum, k sy da tgs proposal, kebetulan jdl sy berhbgn dg pola asuh & emosi, blh dikirimkan ke e-mail sy dtnya scr lengkap sebagai bhn bacaan,masukan & referensi sy, tanks. Wassalam. balas y kak secepatnya

    BalasHapus
  4. judul proposal saya berhubungan ma pola asuh dan kecerdasan emosi.
    bisa kirim ke alamya email saya lengakap, syarat2nya sekalian di sebutkan

    BalasHapus
  5. topik penelitian saya sangat berhubungan dengan pola asuh dan kecerdasan emosi anak... Bisa kah tolong kirimkan data / skripsi/ jurnalnya ke email saya??? Terima kasih banyak..

    BalasHapus
  6. saya dian bisa kitrim lengkapnya ke email saya g??? di email diansaputri07@ymail.com saya membutuhkannya cantumkan aja syratnya.... saya mohon bantuannya secepatnya

    BalasHapus
  7. saya sudah kirim kodenya..
    tapi saya transfer donasinya besok ya..

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)