Minggu, 26 April 2009

Efektifitas Pemberian Elemen Penghangat Cairan Intravena (Blood Warmer) Dalam Menurunkan Gejala Hipotermi Pasca Bedah (Studi Pada Pasien Pasca Bedah Sectio Caesar di RSX).

Prosedur operasi (termasuk bedah caesar) mempunyai resiko integritas atau keutuhan tubuh terganggu bahkan dapat merupakan ancaman kehidupan pasien. Komplikasi yang dapat terjadi adalah hipotermi, yang dapat menjadi hal lebih buruk dibandingkan rasa nyeri, serta mengganggu observasi keadaan pasien. Beberapa intervensi untuk menurunkan keadaan menggigil pasca bedah bisa dengan pemanasan internal aktif atau eksternal aktif, yang salah satunya adalah penggunaan elemen penghangat cairan intravena pasca operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian elemen penghangat cairan intravena dalam menurunkan gejala hipotermi pasca bedah Sectio Caesar.

Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen research dengan sampel sebanyak 13 orang kelompok perlakuan dan 13 orang kelompok kontrol. Kelompok perlakuan menggunakan selimut dan elemen penghangat cairan intravena, dan kelompok kontrol menggunakan selimut saja. Metode pengumpulan data melalui observasi suhu tubuh sebelum perlakuan, 10 menit, 30 menit dan 60 menit pasca perlakuan. Data dianalisis dengan rumus Independent sample t-test dengan tingkat kesalahan () = 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada menit ke 60 pasca perlakuan, 100 % responden kelompok perlakuan suhu tubuhnya normal, sedangkan pada kelompok kontrol hanya 7,7% responden yang suhu tubuhnya menjadi normal. Hasil uji t-test menunjukkan derajat signifikansi (P) = 0,000 pada menit 10, 30 dan 60 pasca perlakuan. Hasil ini terjadi karena pada kelompok perlakuan, responden mendapatkan intervensi pemanasan internal aktif (elemen penghangat cairan intravena) dan pemanasan eksternal aktif (pemakaian selimut), sedangkan pada kelompok kontrol, responden hanya mendapat intervensi pemanasan eksternal aktif.

Kode File : K201
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2, instrumen, dll

Donasi: Rp. 100.000,-

2 komentar:

  1. tolong kirim penelitian ini secepatnya ke email saya yaa.....
    gimana dan kemana saya kirim biayanya. makasih....

    BalasHapus
  2. TOLOND DUNKZ KIRIMIN SYA FILE NYA YA... BIAYA KEMANA N BAGAI MANA SYA MENGIRINNYA????? THANKS....

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)