Rabu, 22 April 2009

HIMPUNAN SAMAR, SEBUAH MODEL MATEMATIKA

Model matematika merupakan suatu model yang memuat konsep-konsep matematika seperti konstanta, variabel, fungsi, persamaan, dan lain-lain. Tujuan dari penyusunan model matematika adalah untuk mengenali perilaku suatu objek dengan cara mencari keterkaitan antara unsur-unsurnya untuk mengadakan optimalisasi dalam objek, dan untuk mengadakan pendugaan atau prediksi untuk memperbaiki keadaan objek. Dari model matematika dapat diperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek tanpa harus mengganggu keberadaan objek.

Runtut waktu adalah kumpulan pengamatan yang membentuk suatu urutan berdasarkan interval waktu (William, 1994: 1). Analisa runtut waktu umumnya memerlukan cacah data yang banyak, oleh karena itu dibutuhkan suatu perekaman yang panjang. Misalnya rekaman denyut jantung di dalam tempo beberapa jam dapat diperoleh data runtut waktu yang cukup panjang. Rekaman data ekonomi interval waktunya biasanya dibuat harian, mingguan, bulanan, tahunan atau puluhan tahun.

Pada himpunan tegas setiap elemen dalam semestanya selalu ditentukan secara tegas apakah elemen itu merupakan anggota himpunan tersebut atau tidak. Tapi dalam kenyataanya tidak semua himpunan terdefinisi secara tegas. Misalnya himpunan siswa pandai, dalam hal ini tidak bisa dinyatakan dengan tegas karena tidak ada yang dijadikan ukuran untuk tingkat kepandaian seseorang. Oleh karenanya perlu didefinisikan suatu himpunan samar yang bisa menyatakan kejadian tersebut.

SELENGKAPNYA ...KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)