Kamis, 16 April 2009

Perubahan aktivitas seksual pada manusia lanjut usia (lansia)

Penurunan fungsi dan potensi seksual pada lanjut usia sering kali berhubungan dengan berbagai gangguan fisik seperti gangguan jantung, gangguan metabolisme, maupun faktor psikologis. Namun sebenarnya lansia masih dapat berfungsi seksual secara efektif sampai usia delapan puluhan jika mereka mengerti perubahan fisiologis yang terjadi dalam proses penuaan dan tidak membiarkan perubahan tersebut mengancam mereka. Permasalahan tersebut jika tidak mendapatkan perhatian atau penanganan yang memadai bisa menimbulkan penyimpangan perilaku seksual pada lansia, karena secara lahiriah mereka tetap membutuhkan penyaluran hasrat seksual. Studi pendahuluan terhadap 10 orang menunjukkan bahwa 70% responden mengakui jika mereka tetap memiliki hasrat seksual, tetapi hanya 3 orang (2 laki-laki, 1 perempuan) yang tetap aktif melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui perubahan aktifitas seksual pada lansia.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan populasi seluruh di Desa XX. Jumlah sampel adalah 56 orang diambil secara quota sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan pada bulan Juli 2008. Data dianalisa secara deskriptif dengan rumus prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi fisik, 87,1% responden perempuan merasa alat genital sudah tidak lentur, 92% responden laki-laki merasakan kekuatan alat genital (penis) menurun. Pada aspek psikologis, 58,9% responden merasa bosan untuk melakukan hubungan seksual. Sedangkan jenis dan penyesuaian aktivitas seksual lansia menunjukkan bahwa 58,9% responden berusaha mengalihkan aktifitas seksualnya pada aspek kedekatan dengan pasangan, pertemanan, komunikasi intim, dan hubungan fisik mencari kesenangan, dan 55,4% responden masih aktif melakukan hubungan seksual. Hasil penelitian ini dapat terjadi karena faktor fisik seperti sering sakit-sakitan, nyeri sendi, atau kencing manis, akan berdampak pada aspek psikologis berupa rasa cemas, tidak bersemangat, sulit konsentrasi dan lain sebagainya.

Kode File : K095
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 40.000,-

1 komentar:

  1. bagaimana caranya sy bisa memesan materi tentang perubahan aktivitas seksual pada lanjut usia, mhn bantuannya. TKB

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)