Kamis, 23 April 2009

PENGERTIAN SADAQAH

Agama islam sanggat menganjurkan agar umatnya gemar mengeluarkan derma atau sadaqah sunnah sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik kepada orang-orang tertentu maupun untuk kepentingan umum. Dalam masyarakat kita, pengertian derma atau sadaqah sunah dimaksudkan dengan istilah sadaqah.Dengan demikian, pengertian, sadaqah adalah memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada pihak lain secara sukarela,semata-semata mengharapkan kebaikan atau pahala diakhirat.Orang yang gemar atau suka bersadaqah biasa disebut dermawan.Sadaqah harus dilakukan secara ikhlas semata-mata karena Allah SWT dan tidak menyakiti atau menyinggung perasaan orang yang menerima sadaqah tersebut.

Firman Allaha SWT dalam AL-Qur’an,
“Hai orang-orang yang beriman ,janganlah kamu menghilangkan (pahala)sadaqah dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena ria kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang diatsnya ada tanah, kemudian batu itu tertimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah).Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan,dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir “( QS.2:264).

Baik sadaqah wajib maupun sadaqah sunnah termasuk kedalam lingkup infaq fi sabil Allah (menafkahkan harta di jalan Allah SWT).Dengan demikian, istilah infak lebih luas pengertiannya dari pada sadaqah. Hal ini dikarenakan infak mencakup pengertian membelanjakan harta, baik berupa sadaqah maupun membelanjakannya untuk keperluan orang lain, sesuai dengan kemampuan masing-masing, semata-semata karena mengharap rida Allah SWT dan kebaikan hidup dunia dan di akhirat nanti.

Berinfak untuk menolong orang-orang yang susah, membantu untuk kemaslahatan dan kemajuan agama serta kemakmuran masyarakat, bangsa dan negara, merupakan perbuatan yang terpuji yang sanggat yang dianjurkan dalam agama islam. Firman Allah SWT dalam AL-Qur’an , “ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan sebulir, pada tiap-tiap buah terdapat seratus biji. Allah melipat gandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui” QS.2:261)
“Kamu sekali-kali tidak dapat mencapai ketulusan, kecuali jika kamu membelanjakan apa yang kamu cintai “ (3:92).

Apa artinya bersadaqah dalam islam?


Sadaqah, yang biasa diungkapkan dalam Qur’an “membelajakan apa yang telah Tuhan karuniakan kepada kamu”, makanya mengunakan energi, kecakapan, kekayaan, uang, kepemilikan, atau apa yang kita miliki untuk menolong dan berbuat baik kepada mereka yang membutuhkan bantuan.Dalam islam sedekha itu sering sekali disebutkan dengan sholat sebap sholat itu hubungan manusia dengan tuhan, atau kewajiban manusia terhadap tuhan, sedangkan yang awal (yakni sadaqah) melaksanakan hubungan dengan sesama manusia, dan yang pada hakikatnya adalah dengan segenap mahluk tuhan, sholat mengungkapkan cinta kepada tuhan, berserah diri kepada-Nya, dan mengharapkan bisa menbawa akhlak Ilahi yang letaknya tersembunyi di dalam diri setiap orang.Sadaqah adalah ungkapan rasa simpati dan suka berbuat baik kepada mahluk Tuhan, diterapkan dalam amal perbuatan dari ajaran yang dipelajari dalam sholat.

Amal sadaqah dalam islam banyak sekali contoh yang dapat diberikan karena sadaqah itu berbuat kebaikan apa saja terhadap seseorang, bahkan terhadap diri sendiri agar kita lebih bermanfaat bagi orang lain, dengan sesuatu yang telah di karuniakan oleh tuhan kepada kita, itu pun bersadaqah. Memberi makan orang yang lapar, menolong kaum miskin, memelihara yang tidak mampu seperti anak yatim, mengulurkan tangan bagi yang tidak mampu, membantu orang yang mengaggur agar mendapat pekerjaan, dan lain sebagainya, semua itu adalah contoh nyata bersadaqah yang diajarkan oleh islam.Namun juga diajarkan yang lainya, beramal sadaqah sekecil apa pun bisa dilakukan oleh seseorang setiap hari.

Menolong seseorang dalam cara apapun, menunjukkan jalan kepada orang yang tidak dikenal, berbicara baik agar orang senag, memberi nasehat atau membagi ilmu kepada seseorang, menyingkirkan suatu rintangan dari jalan agar tidak mencelakakan orang lain, bahkan mencegah agar tidak melukai seseorang, semua itu adalah sadaqah dalam islam.

SELENGKAPNYA ...KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)