Kamis, 16 April 2009

Sikap Perawat Tentang Pemenuhan Kebutuhan Bermain Pada Anak Usia Prasekolah

Bermain mempunyai arti sangat penting bagi anak, yaitu untuk memenuhi kepuasan fisik, emosi, sosial dan perkembangan mental, sehingga anak dapat mengekspresikan perasaan tentang kekuatan, kesepian, fantasi ataupun menunjukkan kreatifitasnya. Hal ini sangat penting disadari oleh para perawat ruang anak, yang sepanjang hari mereka berhubungan dengan anak-anak sebagai pasien, sehingga kebutuhan dan keperluan anak akan dapat terpenuhi secara optimal dengan kondisi keterbatasan yang dialaminya. Untuk itu diperlukan sikap yang positif dari para perawat tentang upaya pemenuhan kebutuhan bermain anak ini. Berdasarkan uraian tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana gambaran sikap perawat Irna Empu Tantular terhadap pemenuhan kebutuhan bermain pada anak usia prasekolah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi sebanyak 12 orang, dan sampel yang digunakan adalah total populasi. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif pada pendekatan sikap, dan alat ukur yang digunakan adalah kuesioner untuk mengetahui sikap responden dengan pendekatan skala Likert.
Hasil penelitian didapatkan data bahwa 50% mempunyai sikap mendukung (favorable) dan 50% lainnya tidak mendukung (unfavorable) terhadap pemenuhan kebutuhan bermain pada anak usia prasekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang nyata pada responden dengan jenjang pendidikan SPK dan D-III (AKPER). Sedangkan dari segi masa kerja diketahui tidak seorangpun responden dengan masa kerja kurang dari 1 tahun yang mendukung, dan responden dengan masa kerja 1 - 3 tahun semuanya mendukung, sedangkan responden dengan masa kerja lebih dari 3 tahun sebagian kecil yang mempunyai sikap mendukung.
Kesimpulan penelitian ini adalah hanya sebagian dari responden yang mempunyai sikap mendukung (favorable) pemenuhan kebutuhan bermain anak usia prasekolah. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa responden dengan jenjang pendidikan D-III (AKPER) lebih banyak yang mendukung dari pada responden dengan jenjang pendidikan SPK. Sedangkan sikap responden berdasarkan masa kerja diketahui membentuk kurva tertutup dimana klimaknya terletak pada masa kerja antara 1 - 3 tahun. Peneliti berharap para perawat dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta pengalaman kerjanya, dan selalu bersikap obyektif dan positif terhadap suatu perubahan demi perbaikan pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat.

Kode File : K092
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 30.000,-

1 komentar:

  1. mnta file lengkap tentang sikap perawat tentang pemenuhan kebutuhan bermain pada anak usia pra sekolah sekalian dengan tingkat kecemasan anak hospitalisasi. ke email ini mbak_prabu@yahoo.co.id
    mksh

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)