Usia kehamilan ternyata sangat menentukan kualitas tunbuh kembang. Bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan dini, dengan berat lahir yang sangat rendah, berpotensi terkena berbagai komplikasi yang bisa dibawa hingga menjadi manusia dewasa. Karena itu, memperpanjang kehidupan dalam rahim, merupakan jalan terbaik agar bayi dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perbedaaan perkembangan anak usia toddler pada anak yang lahir prematur dan yang lahir aterm di wilayah kerja puskesmas X. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif komparatif. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok anak yang mempunyai riwayat lahir prematur (n = 21) dan kelompok anak yang lahir aterm (n = 30). Variabel independen dalam penelitian adalah anak yang lahir prematur dan yang lahir aterm dan variabel dependennya adalah perkembangan anak usia toddler menurut DDST. Hasil yang didapatkan berdasarkan DDST, perkembangan responden prematur menunjukkan bahwa hampir setengahnya, yaitu pada 7 anak (33,3%) memiliki perkembangan yang normal, 8 anak (38,1%) memiliki perkembangan meragukan dan sebanyak 6 anak (28,5%) memiliki perkembangan abnormal. Sedangkan tidak satupun (0%) responden yang tidak dapat dites. Sedangkan perkembangan responden pada anak aterm menunjukkan bahwa sebagian besar atau sebanyak 18 responden (60%) memiliki perkembangan normal, hampir setengahnya yaitu 8 responden (26,6%) memiliki perkembangan meragukan, sebagian kecil yaitu sebanyak 4 responden (13,3%) abnormal dan tidak satupun (0%) tidak dapat dites. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kelahiran prematur bukan merupakan satu-satunya penyebab keterlambatan perkembangan anak tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang saling berkaitan dan mendukung.
Kode file : J004
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, hasil tabulasi, dll
Harga : Rp. 50.000,-
mencari contoh tesis dibidang psikologi klinis, yg metodenya studi komparasi.
BalasHapus