Kamis, 16 April 2009

Pengaruh Pendampingan Suami Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Selama Proses Persalinan Normal di Ruang Bersalin RSX

Proses persalinan yang rumit dan menegangkan sering membuat petugas penolong persalinan harus berkonsentrasi penuh dan mereka tidak mau diganggu oleh faktor-faktor lain seperti kehadiran suami atau keluarga saat proses pertolongan persalinan sedang berlangsung. Di lain pihak, suami merasa tidak tega pada istri atau bingung tentang apa yang harus ia lakukan pada saat proses persalinan istri, sementara istri sangat membutuhkan kehadiran suami untuk memberikan dorongan mental. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh pendampingan suami terhadap tingkat kecemasan ibu selama proses persalinan.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan populasi semua ibu yang menjalani persalinan normal di RS XX. Sampelnya adalah semua ibu yang menjalani persalinan normal di ruang bersalin RS XX selama satu bulan yang diambil secara purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan pada bulan Juli 2008. Data dianalisa secara statistik rumus Independent sample t-test pada taraf kesalahan () = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 56,3% responden mendapat pendampingan suami saat proses persalinan, 91,7% responden mengalami cemas berat selama proses persalinan, dan uji Independent sample t-test menghasilkan nilai t = -4.865 dengan nilai signifikansi (P) = 0.000, yang berarti ada pengaruh yang signifikan dari pendampingan suami terhadap tingkat kecemasan ibu selama proses persalinan normal. Partisipasi suami yang cukup tinggi dalam pendampingan istri menunjukkan bahwa suami menyadari akan peran yang bisa dilakukannya dalam memberikan dukungan fisik dan dorongan moral kepada istri yang sedang melahirkan. Sehingga diperlukan dukungan suami selama proses persalinan istrinya.

Kode File : K097
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Harga : Rp. 50.000,-

4 komentar:

  1. kok mau yg ini gimana prosesnya????

    BalasHapus
  2. gimana sih caranya supaya aku bisa baca semua skripsi yang judulnya pengaruh pendampingan suami terhadap tingkat kecemasan ibu selama proses persalinan.Blz

    BalasHapus
  3. Q pengen penelitian ini bgaiman cara mendapatkannya?bgaiman prosedurnya?penelitian ini terkait dengan penelitian Q Skarang........da g di daftar pustakanya faktor2 suami mendampingi istri saat persalinan?

    BalasHapus
  4. Q pengen penelitian ini bgaiman cara mendapatkannya?bgaiman prosedurnya?penelitian ini terkait dengan penelitian Q Skarang……..da g di daftar pustakanya faktor2 suami mendampingi istri saat persalinan?
    tolong bals dengan segera aku membutuhkannya

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)