Jumat, 01 Mei 2009

Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Perilaku Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Fe Di Desa XX

Anemia berperan terhadap tingginya angka kematian ibu hamil dan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Pemerintah berusaha menanggulangi anemia gizi dengan membentuk suatu program yang potensial yakni pendistribusian tablet Fe, namun prevalensi anemia pada ibu hamil tetap tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang anemia dengan perilaku ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe.
Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil Trimester III di Desa XX, dan sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pada bulan Desember 2008 sampai dengan Januari 2009. Data dianalisa secara statistik dengan uji Chi-Square pada taraf kesalahan 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 53,3% responden berpendidikan SLTP, 56,7% responden memiliki pengetahuan yang cukup tentang anemia, 70% responden tidak patuh dalam mengkonsumsi tablet Fe. Uji Chi Square tingkat pendidikan dengan perilaku ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe diperoleh nilai signifikansi (P) = 0,020 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan perilaku ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe, sedangkan uji hubungan pengetahuan dengan perilaku mempunyai nilai signifikansi (P) = 0,013 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe.

Kode File : K072
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Donasi : Rp. 50.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)