Rabu, 01 April 2009

Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Mata Kuliah Istima’ I

Bahasa adalah sistem lambang berupa bunyi yang bersifat sewenang-wenang (arbitrer) yang dipakai oleh anggota-anggota masyarakat untuk saling berhubungan dan berinteraksi. bahasa juga berfungsi sebagai alat yang digunakan seseorang untuk mengemukakan pendapat, pikiran dan perasaannya kepada orang lain. Dengan bahasa pula maka manusia bisa membentuk masyarakat dan peradaban. Andaikata tidak ada bahasa, maka dia tidak akan dapat melakukan hal tersebut diatas. Atas dasar inilah maka sangat wajar bila kita mengatakan bahwa semua aktivitas yang kita lakukan sepanjang hidup kita selalu membutuhkan bahasa.
Tidak dapat disangkal, bahwa seseorang yang mempelajari suatu bahasa asing akan mendapati kesulitan-kesulitan, yang mana kesulitan-kesulitan ini dapat diperkecil apabila dia memiliki faktor-faktor pendorong yang sangat kuat atau dengan kata lain dia memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari bahasa tersebut.
Objek penelitian di sini ialah Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Arab UPI. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah mahasiswa tingkat I Program Pendidikan Bahasa Arab____tahun ajaran 2004/2005 yang telah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Istima’ I. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket.
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kesulitan-kesulitan yang didapat oleh para pembelajar bahasa Arab dalam mempelajari Istima’I, untuk kemudian memberikan solusi dari permasalahan tersebut.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Istima’ I ditinjau dari faktor intrinsik pembelajar adalah adanya perasaan tidak senang terhadap bahasa Arab, sulitnya materi bahasa Arab pada mata kuliah Istima’ I, adanya perasaan tidak senang terhadap mata kuliah Istima’ I, kurangnya konsentrasi pada saat mengikuti perkuliahan, kurangnya jumlah kehadiran, selalu malas untuk belajar di rumah dikarenakan kurangnya fasilitas, dan kegiatan yang mereka pilih di luar perkuliahan tidak berhubungan dengan perkuliahan. Sedangkan masalah-masalah yang di tinjau dari faktor ektrinsik pembelajar adalah adanya paksaan dari pihak orang tua untuk kuliah di Program Pendidikan Bahasa Arab UPI atau karena faktor terpengaruh oleh teman, kurang memadainya alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah Istima’ I, sulitnya tugas yang diberikan oleh pengajar, kurangnya frekuensi mahasiswa dalam mengumpulkan tugas, Metode yang digunakan pengajar dirasakan monoton dan membosankan, sulitnya materi yang diberikan, ketidak hadiran pengajar, dan kondisi tempat tinggal mereka yang tidak mendukung untuk belajar.

KODE FILE : B003

File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka

Bentuk file : Ms.word

Harga : Rp. 40.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)