Sabtu, 30 April 2011

Hubungan Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Osteoporosis dengan Sikap Dalam Pencegahan Osteoporosi Di RW I Dusun Dermo Desa XX

Data Puslitbang Depkes RI tahun 1999-2000 menunjukkan bahwa 19,7% penduduk Indonesia usia 25-90 tahun memiliki kecenderungan percepatan pengeroposan tulang. Insidens osteoporosis pada wanita lebih tinggi dibanding pria, dan saat ini wanita usia subur telah menigkat resikonya karena minimnya upaya pencegahan osteoporosis.Apabila ini terjadi pada wanita yang  masih memiliki kesempatan untuk hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi. Hal ini menunjukkan masih rendahnya pengetehuan dan upaya pencegahan osteoporosis. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan wanita usia subur tentang osteoporosis dengan sikap dalam pencegahan osteoporosis.

Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi karena bertujuan menghubungkan dua variable yaitu pengetahuan dan sikap wanita usia subur tentang osteoporosis. Populasi berjumlah 55 orang dari seluruh wanita usia subur dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling. Sehingga didapatkan jumlah sample sebanyak 48 responden.

Berdasarkan uji statistic Corelation Spearman Rank diperoleh hasil ada hubungan antara pengetahuan wanita usia subur tentang osteoporosis dengan sikap dalam pencegahan osteoporosis.Dimana hasil nilai z hitung(5,82) lebih besar dari z tabel(1,96). Dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak .

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa sebagian besar wanita usia subur  mempunyai pengetahuan yang kurang baik tentang osteoporosis dan bersikap negative dalam pencegahan osteoporosis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap wanita usia subur terhadap upaya pencegahan osteoporosis yang  penting dalam kesehatan wanita dan bagi petugas kesehatan dapat digunakan untuk menentukan strategi perencanaan dan pelaksanaan dalam memberikan konseling, informasi dan edukasi tentang osteoporosis dan pencegahannya.

 

 

 

Kode file : K275

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 60.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)