Sabtu, 30 April 2011

Pengetahuan Primigravida Tentang Perawatan Bayi Pada Bulan Pertama di Polindes XX


Berdasarkan penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh para ahli kesehatan selama ini bahwa banyak hambatan yang dialami oleh para ibu disebabkan kurangnya pengetahuan, baik dalam merawat kesehatannya selama masa kehamilan, maupun dalam merawat bayinya sendiri. Kekurangcermatan para ibu hamil merawat dirinya dan bayinya menyebabkan tingkat kematian yang tinggi (Oswari,2004). Penyebab kematian bayi adalah asfiksi 49-60%, infeksi 24-34%.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan variabel pengetahuan Primigravida tentang cara perawatan bayi pada bulan pertama. Jumlah sampel 40 responden dan cara pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Berdasarkan analisa dalam penelitian ini diperoleh data, bahwa menurut usia 15-20 tahun yang berpengetahuan tidak baik (45%), sedangkan yang berusia 21-25 tahun berpengetahuan baik (27,5%). Primigravida menurut pendidikan SMP yang berpengetahuan baik (17,5%), yang tidak baik berpendidikan SD (27,5%). Primigravida yang hanya menjadi ibu rumah tangga yang mempunyai pengetahuan baik (35%), primigravida yang mempunyai pekerjaan (7,5%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ternyata pengetahuan primigravida di Polindes XX tersebut masih kurang baik terutama pada usia 15-20 tahun. Hal ini dapat terjadi karena pengetahuan dapat dipengaruhi usia, pendidikan dan pekerjaan. Saran yang diberikan kepada bidan desa dan kader tersebut adalah agar lebih meningkatkan pemberian informasi, pengetahuan dan praktek perawatan bayi, terutama ibu yang berusia masih muda.

 

 

 

Kode file : K258

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)