Selasa, 26 April 2011

Gambaran Tingkat Kecemasan Keluarga pada Klien dengan Gagal Jantung di Ruang Jantung RS XX

Penyakit jantung dan pembuluh darah dengan kata lain penyakit kardio vaskuler dalam kurun waktu 10 tahun terakhir menunjukkan kenaikan yang jelas. Hingga tahun 2010 penyakit kardio vaskuler diperkirakan masih menduduki peringkat teratas yang menyebabkan kematian. Sementara itu menurut Aulia Sani dari semua penyakit kardio vaskuler yang paling tinggi prevalensinya adalah gagal jantung. Di Indonesia tiap tahun terjadi 1,3 kasus/1000 penduduk yang berusia 25 tahun kasus ini meningkat 11,6 pada manula dengan usia 85 tahun ke atas.
Kecemasan merupakan respon psikologis terhadap stress yang mengandung komponen fisiologis dan psikologis. Perasaan takut dan tidak tenang yang sumbernya tidak diketahui atau tidak dikenal. Kecemasan terjadi ketika seseorang merasa terancam baik secara fisik maupun psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan keluarga pada klien dengan gagal jantung.
Penelitian ini dilakukan di Ruang Jantung RS XX. Desain pada penelitian ini adalah deskriptif. Variabel yang diteliti adalah tingkat kecemasan keluarga pada klien dengan gagal jantung. Populasi pada penelitian ini sebanyak 60 orang per tahun, besar sampel 10 responden dengan tehnik pengambilan sampel random sampling. Analisa data menggunakan deskriptif dengan menyajikan data melalui tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga pada klien gagal jantung mengalami tingkat kecemasan sedang sebanyak 8 responden (80%). Kecemasan berat 2 responden (20%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keluarga terdekat yang menunggu klien dengan gagal jantung memiliki tingkat kecemasan sedang. Dalam hal ini perlu adanya sosialisasi atau pemberitahuan tentang kondisi pasien terhadap keluarga dari petugas kesehatan.



Kode file : K251
File skripsi ini meliputi :
-          Bagian depan (daftar isi, dll)
-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-          Daftar Pustaka
-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 50.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)