Sabtu, 30 April 2011

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Tentang Pemberian Imunisasi Pada Bayi (0 – 11 bulan) Di Desa XX


Imunisasi adalah suatu usaha memberikan kekebalan kepada anak terhadap penyakit tertentu, dengan demikian maka anak yang telah diimunisasi akan kebal terhadap penyakit tertentu dan tidak akanterjangkit ataupun bila terjangkit  hanya menimbulkan gejala ringan. Namun demikian tidak semua anak aktif dalam mendapatkan program imunisasi, hal ini dapat ditunjukkan dari hasil survey pendahuluan yaitu dari 104 bayi hanya 40% yang aktif untuk mengikuti program imunisasi.

Jenis penelitian ini dengan desain observasional analitik, karena bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap ibu tentang pemberian imunisasi pada bayi (0 – 11 bulan) periode bulan Maret hingga bulan September. Dimana populasi dari penelitian ini sebanyak 104 orang dengan jumlah sampel 38 orang dan cara pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.

Berdasarkan analisa observasional analitik diperoleh hasil bahwa tingkat pengetahuan pada tahap tahu dan paham sebanyak 36,84% dengan kriteria baik, 31,58% cukup baik dan 31,58% tidak baik. Sedangkan sikap sebagian 55,26% sudah positif dan 44,74% masih negatif. Pada tingkat tahu dengan kriteria baik semua responden mempunyai sikap yang positif 14,0, cukup baik dengan sikap positif 7,0, sikap negatif 5,0.  dan tidak baik  semua responden mempunyai sikap yang negatif 12,0. Sedangkan pada tingkat paham dengan kriteria tidak baik semua responden mempunyai sikap negatif 12,0 cukup baik mempunyai sikap positif  8,0 dengan sikap negatif 4,0 dan baik sebagian besar mempunyai sikap positif 13,0  dengan sikap negatif hanya 1,0.

Kesimpulan dari penelitian  ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan, baik pada tingkat tahu maupun paham tingkat paham dengan sikap ibu tentang pemberian imunisasi pada bayi ( 0 – 11 bulan) di wilayah desa Ganjaran kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang yang dibuktikan dengan uji statistik Chi – Square pada a 0,05 dan menghasilkan  a sebesar 0,000 pada tingkat tahu dan 0,000 pada tingkat paham. Saran yang dapat diberikan yaitu setelah mengetahui hasil penelitian ini diharapkan team kesehatan ataupun bidan yang melaksanakan pengelolaan posyandu selain memberikan penyuluhan juga memberikan pendidikan kesehatan pada ibu yang mempunyai bayi (0 – 11 bulan) dan juga kepada keluarga.

 

 

 

Kode file : K260

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)