Jumat, 29 April 2011

Tingkat Pengetahuan Ibu Pekerja Yang Menyusui tentang ASI Perasan di Bidan Praktek Swasta XX

Saat ini masalah pelaksanaan ASI eksklusif masih perlu diperhatikan. Ibu kembali bekerja setelah cuti bersalin dianggap sebagai salah satu penyebab utama pemberian ASI terhambat. Selain itu juga kurangnya pengetahuan ibu yang tidak memberikan ASInya selama dia bekerja, hal ini dapat menghambat mensukseskan program ASI eksklusif. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan tanggal 11 dan 18 Maret 2005 terhadap 30 ibu menyusui yang berkunjung di Bidan Praktek Swasta XX diketahui lebih dari separuh (66,7%) tidak memberikan ASI saat pergi bekerja.
Desain penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu pekerja yang menyusui tentang ASI perasan di Bidan Praktek Swasta XX. Populasi dari penelitian ini adalah semua ibu pekerja yang menyusui yang  berkunjung  di Bidan Praktek Swasta tempat penelitian  periode 25 April-31 Mei 2005 dengan jumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total populasi sampling sehingga besar sampel berjumlah 30 responden. Selanjutnya peneliti melakukan analisa deskriptif dengan bantuan komputer yang telah diuji SPSS 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu pekerja yang menyusui tentang ASI perasan di Bidan Praktek Swasta tempat penelitian pada tingkat tahu hampir separuh responden berpengetahuan cukup yaitu sebanyak 14 responden (46,7%), ini disebabkan karena ibu tidak pernah mendapat  penjelasan atau penyuluhan tentang ASI perasan dan usia responden antara 21-30 tahun. Sedangkan pada tingkat paham hampir separuh responden berpengetahuan baik yaitu sebanyak 13 responden (43,3%), hal ini dipengaruhi oleh pendidikan responden yang tinggi.           
Oleh karena itu seyogyanya memberikan KIE, leaflet, atau brosur tentang ASI perasan secara terjadwal  dan terstruktur serta memberikan motivasi kepada ibu pekerja yang menyusui yang berkunjung di Bidan Praktek Swasta tersebut sehingga pengetahuan tentang ASI perasan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik



Kode file : K252
File skripsi ini meliputi :
-          Bagian depan (daftar isi, dll)
-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-          Daftar Pustaka

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)