Sabtu, 30 April 2011

Tingkat Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Sectio Caesaria di Rumah Sakit XX

Kecemasan merupakan suatu gejala yang tidak menyenangkan, sensasi cemas, takut dan terkadang panik akan suatu bencana yang mengancam dan tidak terelakkan yang da[at atau tidak berhubungan dengan rangsangan eksternal, (Kapita Selekta Kedokteran, 1999). Kecemasan akan memberikan dampak yang negatif pada ibu inartu karena efek samping yang ditimbulkan adalah pada saat ibu selesai dilakukannya operasi yaitu peningkatan tekanan darah dan nadi yang akan berakibat pada kontraksi uterus yang kurang maksimal sehingga bisa menyebabkan perdarahan. Untuk mengetahui kemungkinan ibu mengalami kecemasan sebelum diakukan sectio caesaria perlu dilakukan deteksi dini. Namun demikian tidak semua ibu mengalami hal tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil survey pendahuluan yaitu dari 10 ibu yang akan dilakukan sectio caesaria di Rumah Sakit XX, 70% mengalami tingkat kecemasan yang tidak terlalu berat.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, karena bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi sectio caesaria. Populasi dari penelitian ini sebanyak 150 orang dengan jumlah sampel 40 orang dan cara pengambilan sampel menggunakan teknik Acidental Sampling. Berdasarkan analisa deskriptif diperoleh hasil bahwa tingkat kecemasan sebanyak 32,5% dengan kriteria ringan, 57,5% dengan kriteria sedang, 10% dengan kriteria berat dan 0% dengan kriteria panik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ternyata tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi sectio caesarea sudah cukup baik. Hal ini dapat terjadi karena kecemasan dapat dipengaruhi oleh umur, pendidikan dan pengalaman melahirkan serta media masa dan sosial budaya disekitar tempat tinggal responden. Saran yang dapat diberikan kepada Rumah Sakit XX tersebut adalah agar lebih meningkatkan pendekatan dan komunikasi kepada pasiennya terutama kepada ibu yang akan dilakukan sectio caesaria di Rumah Sakit XX.

 

 

 

Kode file : K273

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 50.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)